Kamis 23 Apr 2020 05:50 WIB

Para Astronom Saksikan Proses Nova untuk Pertama Kali

Proses nova menghasilkan cahaya tampak, sinar gamma dan sinar x.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Bintang katai putih (ilustrasi).
Foto: Sciencepic
Bintang katai putih (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para astronom akan menyaksikan Nova  dari awal hingga akhir untuk pertama kalinya dalam sejarah. Nova adalah sebuah episode dramatis dalam kehidupan sepasang bintang biner. Apa yang akan disaksikan para astronom adalah ledakan cahaya terang yang dapat bertahan dalam berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan.

Meski tidak benar-benar langka, fenomena ini tercatat ada sekitar 10 setiap tahunnya di Bima Sakti. Namun, para astronom tidak pernah menyaksikan dari awal hingga selesai hingga saat ini.

Baca Juga

Dilansir Universe Today, nova terjadi dalam sistem bintang biner yang dekat, ketika salah satu bintang telah melalui fase raksasa merahnya. Bintang itu meninggalkan white dwarf yang tersisa.

Ketika white dwarf dan bintang mitranya menjadi cukup dekat, tarikan gravitasi masif menarik materi. Termasuk sebagian besar hidrogen dan bintang lainnya.

Hidrogen bertambah ke permukaan white dwarf dan membentuk atmosfer tipis. White dwarf memanaskan hidrogen dan akhirnya tekanan gas sangat tinggi dan fusi dinyalakan. Ini bukan sembarang fusi, karena berlangsung cepat.

Ketika fusi yang cepat menyatu, kita dapat melihat cahaya, dan atmosfer hidrogen baru dikeluarkan dari katai putih, ke ruang angkasa. Di masa lalu, para astronom mengira lampu terang baru ini adalah bintang baru, dan nama "nova" muncul.

Para astronom di zaman kini menyebut nova tersebut sebagai jenis klasik. Selain itu, terdapat nova berulang, di mana dimanakan ketika proses berulang sendiri.

“Tiba-tiba ada bintang di catatan kami yang tidak ada di sana sehari sebelumnya,” ujar Rainer Kuschnig, Manajer Operasi BRITE dari Graz Technical University.

Ini adalah peristiwa yang sangat energik, yang tidak hanya menghasilkan cahaya tampak, tetapi juga sinar gamma dan sinar-x. Hasil akhirnya adalah bahwa beberapa bintang yang hanya dapat dilihat melalui teleskop dapat dilihat dengan mata telanjang selama masa nova.

Seluruhnya diterima  secara luas dalam astronomi dan astrofisika. Tetapi sebagian besar bersifat teoretis. Beberapa waktu lalu, para astronom menggunakan BRITE (BRIght Target Explorer) konstelasi nanosatellite cukup beruntung untuk mengamati seluruh proses dari awal hingga selesai, membenarkan teorinya.

BRITE adalah konstelasi nanosatelit yang dirancang untuk menyelidiki struktur bintang dan evolusi bintang paling terang di langit dan interaksinya dengan lingkungan lokal. Mereka beroperasi di Low-Earth Orbit dan memiliki sedikit batasan pada bagian-bagian langit yang dapat mereka amati.

BRITE adalah proyek terkoordinasi antara peneliti Austria, Polandia, dan Kanada. Pengamatan nova yang pertama kali ini adalah murni.

Selama beberapa minggu BRITE mengamati 18 bintang di rasi bintang Carina. Suatu hari, bintang baru muncul. Manager Operasional BRITE

Rainer Kuschnig menekankan bahwa ini tidak pernah terlihat sekalipun dalam misi.

Sementara itu, menurut Werner Weiss, profesor dari Departemen Astrofisika di University of Vienna pengamatan ini sangat penting dan mengesankan. Ledakan Nova V906 di rasi bintang Carina memberi para peneliti beberapa jawaban dan telah mengkonfirmasi beberapa konsep teoretis di balik nova.

“Luar biasa bahwa untuk pertama kalinya nova dapat diamati oleh satelit kita bahkan sebelum letusannya yang sebenarnya dan sampai berminggu-minggu kemudian,” jelas Weiss.

V906 Carinae pertama kali ditemukan oleh All-Sky Automated Survey for Supernovae. Untungnya, itu muncul di area langit yang telah diobservasi oleh BRITE selama berminggu-minggu, sehingga data yang mendokumentasikan nova ada dalam data BRITE.

V906 Carinae berjarak sekitar 13.000 tahun cahaya. Tim BRITE melaporkan temuan mereka di sebuah makalah baru. Novae seperti V906 Carinae adalah ledakan termonuklir di permukaan bintang katai putih. Untuk waktu yang lama, para astrofisikawan berpikir bahwa luminositas nova ditenagai oleh pembakaran nuklir terus-menerus setelah ledakan awal fusi pelarian. Tetapi data dari BRITE menunjukkan sesuatu yang berbeda.

Dalam makalah baru, penulis menunjukkan bahwa guncangan memainkan peran yang lebih besar daripada yang dipikirkan. Para penulis mengatakan bahwa "guncangan internal ke nova ejecta dapat mendominasi emisi nova."

Guncangan juga mungkin terlibat dalam peristiwa lain seperti supernova, merger bintang, dan peristiwa gangguan pasang surut, menurut penulis. Tetapi sampai sekarang, ada kurangnya bukti pengamatan.

Dalam istilah yang lebih luas, guncangan terbukti berperan dalam beberapa peristiwa seperti nova. Tetapi pemahaman itu sebagian besar didasarkan pada mempelajari rentang waktu dan luminositas.

Studi ini adalah pengamatan langsung pertama dari guncangan tersebut dan kemungkinan hanya awal dari mengamati dan memahami peran yang dimainkan guncangan. Dalam kesimpulan makalah, peneliti mengatakan bahwa  pengamatan terhadap mobil nova V906 secara definitif menunjukkan bahwa luminositas substansial dapat dihasilkan dan muncul pada panjang gelombang optis oleh guncangan energik yang sangat terserap dalam transien eksplosif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement