Rabu 22 Apr 2020 16:23 WIB

Kemenkes Dukung Program 100 Ribu Rapid Test Covid-19 Gratis 

Gerakan kemanusiaan ini melibatkan 100 perawat.

Petugas medis melakukan Rapid Test (test cepat) mandiri COVID -19 secara drive thru di Rumah Sakit Primaya Hospital Tangerang, Banten, Selasa (21/4/2020).
Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal
Petugas medis melakukan Rapid Test (test cepat) mandiri COVID -19 secara drive thru di Rumah Sakit Primaya Hospital Tangerang, Banten, Selasa (21/4/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wabah virus corona atau Covid-19 di Indonesia masih belum terhenti. Jumlah penderita yang terinfeksi masih bertambah. Bahkan jumlah pasien Covid-19 yang meninggal dunia tercatat lebih banyak dibandingkan jumlah pasien yang sembuh.

Berbagai upaya terus dilakukan untuk menghentikan wabah Covid-19 di Indonesia. Baik yang dilakukan oleh pemerintah, pihak swasta, badan amal hingga masyarakat.   

Salah satu perusahaan penyedia layanan kesehatan di Indonesia, Homecare24, turut berpartisipasi dalam penanganan wabah Covid-19 ini. Homecare24 melakukan gerakan kemanusiaan dengan mengadakan 100 ribu Rapid Test Covid-19 secara gratis yang dilakukan oleh 100 perawat. 

Dalam menggelar program ini, Homecare24 bekerja sama secara resmi dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Staf khusus Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dr Mariya, mengatakan sangat mendukung program kemanusiaan yang diinisiasi oleh Homecare24 ini. 

“Kemenkes RI sangat mengapresiasi inisiatif dari Homecare24 dalam membantu penanganan wabah Covid-19 di Indonesia," ujarnya dalam siaran persnya, Rabu (22/4).

CEO Homecare24, Theresia Lumban Gaol, mengatakan program kemanusiaan 100 ribu Rapid Test oleh 100 perawat ini merupakan bentuk kepedulian Homecare24 terhadap penanganan wabah Covid-19 di Indonesia. 

Program ini dilakukan oleh 100 Perawat Homecare24 ini tidak hanya untuk mengidentifikasi pasein positif atau negatif. “Kami juga berinisiatif untuk membantu pemerintah dalam melakukan rekap data penderita Covid-19 sehingga penanganannya bisa dilakukan secara lebih maksimal," kata Theresia menambahkan.  

Program kemanusiaan 100 ribu Rapid Test Covid-19 ini dilakukan dengan melibatkan 100 perawat profesional Homecare24 yang sudah terlatih dan tersertifikasi. Apalagi program ini di bawah pengawasan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sehingga pelaksanaan Rapid Test Covid-19 serta hasilnya bisa terjamin keakuratannya.     

 

Pelaksanaan program kemanusiaan Rapid Test Covid-19 oleh 100 perawat Homecare24 ini digelar di 10 titik lokasi yang tersebar di area Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Rapid Test Covid-19 ini dilaksanakan melalui mekanisme drive-thru dimana masyarakat cukup berada di kendaraannya (mobil atau motor) saat melakukan Rapid Test yang dilakukan oleh 100 perawat Homecare24. Hal ini sesuai dengan anjuran pemerintah untuk selalu melakukan physical distancing. Selain itu juga ada peran serta dari Dinas Kesehatan se-Jabodetabek yang mendampingi selama pelaksanaan Rapid Test Covid-19 oleh Homecare24 ini. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement