Rabu 22 Apr 2020 14:22 WIB

Messi Dulu Pendiam, Kini Cerewet

Messi tumbuh jadi sosok pemimpin di dalam dan luar lapangan.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Striker Barcelona FC Lionel Messi berfoto dengan trofi Bola Emas (Ballon dOr) pada malam penganugerahan  Ballon d
Foto: Yoan Valat/EPA-EFE
Striker Barcelona FC Lionel Messi berfoto dengan trofi Bola Emas (Ballon dOr) pada malam penganugerahan Ballon d

REPUBLIKA.CO.ID, BUENOS AIRES -- Asisten manajer tim nasional Argentina Roberto Ayala, bicara soal bagaimana Lionel Messi telah berubah seiring dengan usianya yang bertambah. Messi saat ini jadi kapten di Barcelona maupun tim nasional Argentina. Ayala, yang merupakan mantan bek tersebut, pernah main bareng Messi untuk La Albiceleste. 

Ia mengatakan, Messi dulu sosok pendiam di skuat. Namun, La Pulga lebih sering memberi contoh baik di dalam maupun di luar lapangan. Bahkan, ia mengungkapkan perlakukan terhadap Messi sama seperti pemain lainnya. 

''Dia orang yang sangat tertutup, yang tumbuh pesat dalam beberapa tahun terakhir. Hari ini, dia pemimpin di dalam maupun luar lapangan,'' ungkap Ayala, dikutip dari Barcablaugranes, Rabu (22/4).

Ayala menuturkan, saat pertama kali Messi gabung tim nasional, mereka langsung berteman. Walaupun keduanya jarang bicara, dan lebih memilih ke lapangan untuk berlatih. Menurut mantan bek Valencia ini, Messi hanya akan diam di ruangannya. Namun sekarang, Ayala mengungkapkan Messi terlibat banyak hal.

''Dia bicara dengan rekan setimnya, bertanya kabar. Bahkan sebelum pertandingan, dia banyak omong,'' kata Ayala.

Musim ini, Messi memang cukup vokal. Dia cepat merespons kritik dari Eric Abidal, memimpin pemain untuk dipotong gajinya karena pandemi corona, dan juga menampik berita bohong yang menyebutkan dirinya akan pindah ke Inter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement