Rabu 22 Apr 2020 13:14 WIB

Tips Perawatan Rambut Harian Ala Salon

Perawatan rambut ala salon bisa dipraktikkan sehari-hari di rumah.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Rambut sehat dan panjang (ilustrasi). Perawatan rambut ala salon bisa dipraktikkan sehari-hari di rumah.
Foto: The Guardian
Rambut sehat dan panjang (ilustrasi). Perawatan rambut ala salon bisa dipraktikkan sehari-hari di rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak sedikit orang yang terbiasa ke salon, sehingga merasa kurang merawat diri saat dikarantina selama pandemi Covid-19. Padahal, perawatan ala salon bisa saja dilakukan di rumah, tanpa perlu dibantu tenaga profesional.

Menurut Tien Goh, manajer edukasi Shiseido Professional, sebenarnya perawatan salon, termasuk rambut, juga bisa dilakukan di rumah. Goh mengatakan, merawat rambut, sejatinya adalah aktivitas yang memang perlu dilakukan sehari-hari.

Baca Juga

"Perawatan rambut sangat mirip perawatan kulit. Kita merawat wajah setiap hari, jadi mengapa tidak melakukan hal yang sama untuk rambut?" kata dia, dilansir CNA Life Style.

Sama seperti merawat wajah, ada langkah-langkah tertentu untuk merawat rambut. Membersihkan kulit kepala dan rambut dengan sampo dan kemudian menggunakan kondisioner untuk menambah kelembapan rambut merupakan bagian cara menyehatkannya.

Ketika memilih sampo, prioritaskan produk yang dapat mengatasi masalah kulit kepala daripada kondisi rambut. "Selalu selesaikan masalah kulit kepala terlebih dahulu sebelum berurusan dengan masalah rambut karena rambut yang bagus dimulai dengan kulit kepala yang sehat," kata Goh.

Sampo yang bagus harus bebas silikon untuk mencegah pori-pori tersumbat. Ketika pori tersumbat, pertumbuhan rambut yang sehat bisa terhambat. Sampo seharusnya tidak menyebabkan kulit kepala terasa gatal, iritasi, atau terkelupas.

Hindari menggunakan sampo langsung ke bagian kulit kepada karena berisiko menyebabkan iritasi kulit kepala. Cara tepat untuk keramas yang baik adalah menyebarkan dan menyabuni rambut dengan kedua telapak tangan sebelum mengaplikasikannya ke kulit kepala.

Perhatikan juga kondisioner agar sesuai kebutuhan. Goh menjelaskan, kondisioner  memberi hidrasi ringan untuk menghaluskan dan memperbaiki rambut kusut atau perawatan warna agar tahan lama.

Kesalahan umum yang mungkin banyak orang lakukan adalah menerapkan kondisioner dari akar ke ujung rambut. Tidak seperti rambut, kulit kepala tidak membutuhkan peningkatan kelembapan dan kondisioner justru dapat menyumbat akar rambut.

"Jangan mengoleskan kondisioner pada kulit kepala, mulailah dari bagian tengah rambut hingga ke ujung rambut. Kalau butuhtambahan hidrasi untuk rambut, gunakan cairan atau krim khusus," ujar Goh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement