Jangan Cuma Enak, Menu Berbuka Puasa Juga Harus Bergizi

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda

 Rabu 22 Apr 2020 06:30 WIB

Berbuka puasa. Dalam menyiapkan menu berbuka puasa, pastikan hidangannya bergizi, jangan cuma pentingkan kenikmatannya. Foto: Prayogi/Republika Berbuka puasa. Dalam menyiapkan menu berbuka puasa, pastikan hidangannya bergizi, jangan cuma pentingkan kenikmatannya.

Dalam menyiapkan menu berbuka puasa, pastikan hidangannya bergizi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Bulan Ramadhan segera tiba. Sudah punya ide sajian untuk berbuka maupun sahur?

Saat akan menyiapkannya, jangan hanya kenikmatannya saja yang diperhatikan. Gizinya pun tak boleh dinomorduakan.

Chef Law Thomas menjelaskan, setelah menjalankan ibadah puasa, tubuh harus mendapatkan asupan gizi. Hidangan berbuka puasa yang bergizi pun menjadi penting untuk disiapkan untuk keluarga.

“Yang dibutuhkan tentu makanan yang mencukupi kebutuhan gizi seimbang,” kata chef Thomas kepada Republika.co.id.

Sebagai pembuka, chef Thomas menyarankan untuk menyiapkan makanan manis dengan sedikit rasa gurih. Menurut dia, makanan ringan yang paling enak saat Ramadhan ialah kolak, bubur candil, bubur kacang hijau, dan bubur ketan hitam.

Untuk minumannya, menurut chef Thomas, yang menyegarkan lebih enak. Ia merekomendasikan jus buah, es buah, es teler, es campur, es jelly serut, dan minuman yang mendinginkan tenggorokan lainnya.

Menu makanan berat untuk berbuka puasa bisa disesuai dengan tradisi keluarga. Misalnya, ada yang suka rendang daging, opor ayam, lontong sayur, aneka sup, tumis sayuran, atau lauk pauk dengan gizi tinggi lainnya.

Baca Juga

Dalam memenuhi kebutuhan karbohidrat, menurut chef Thomas, masyarakat bisa mendapatkannya dari kentang atau ubi, tidak melulu dari nasi. Jika memang ingin makan nasi, bisa juga memilih nasi merah atau hitam.

"Tutup makan malam dengan pencuci mulut yang simpel, seperti, puding di cup kecil, potongan kue bolu, pie buah, atau buah segar potong," katanya.

Chef Thomas mengingatkan yang terpenting dari makanan buka puasa adalah memerhatikan kebersihannya. Dia meyakini, makanan yang dimasak di rumah tentu terjamin kebersihannya daripada yang dibeli.

"Karena kita yang tahu betul apa yang kita buat dan pastinya bersih dalam proses awal hingga akhir,” ujar dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X