Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Firli: Perempuan Berperan Bentuk Karakter Anak yang Jujur

Rabu 22 Apr 2020 01:55 WIB

Red: Bayu Hermawan

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri (kiri)

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri (kiri)

Foto: ANTARA/M RISYAL HIDAYAT
Ketua KPK mengatakan peran perempuan sangat penting dalam membentuk karakter anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengatakan, peran perempuan sangat penting dalam mendidik dan membentuk karakter anaknya kelak agar menjadi kuat, disiplin, jujur serta berakhlak mulia.

"Masa depan suatu bangsa yang sebagian besar terletak pada kaum perempuan karena peran perempuan sangat penting dalam mendidik dan membentuk karakter anaknya kelak agar menjadi kuat, disiplin, jujur serta berakhlak mulia," ucap Firli dalam rangka memperingati Hari Kartini di Jakarta, Selasa (22/4).

Ibarat menegakkan benang basah, lanjut Firli, karakter anak seperti itu tidak mungkin terbentuk tanpa peran aktif kaum hawa. "Karakter yang menjadi fundamental bagi para penerus bangsa untuk menghadapi tantangan di masa depan sekaligus menyelesaikan berbagai persoalan bangsa seperti melepaskan diri negeri ini dari perilaku koruptif yang sangat destruktif, mengingat hal ini telah menjadi budaya di hampir semua tatanan kehidupan kita saat ini," katanya.

Baca Juga

Seyogyanya, kata dia, kita segenap anak bangsa patut bersyukur dengan warisan dan suri teladan seorang Kartini yang mampu menginspirasi generasi demi generasi sejak dulu hingga saat ini. "Kartini mampu membuktikan bahwasanya perempuan bukanlah kaum yang lemah secara ide, gagasan serta pemikiran. Perempuan memiliki rasionalitas seperti kaum lelaki sehingga memiliki peranan dan andil yang besar bagi perkembangan bangsa dan negara," ujar Firli.

Peran perempuan, Firli melanjutkan, saat ini tidak lagi sekadar berada di dalam wilayah domestik, namun merambah wilayah yang lebih luas dalam seluruh tatanan kehidupan lainnya. "Kehadiran perempuan dalam setiap aspek kehidupan berbangsa dan bernegara mampu memberi warna dan teladan tentang bagaimana sesungguhnya menjalani kehidupan," ujarnya.

Ia pun mengatakan bahwa peringatan Hari Kartini sebaiknya jangan dirayakan sekadar seremoni tahunan belaka, apalagi dirayakan secara beramai-ramai di masa penyebaran pandemi Covid-19. Menurutnya, esensi dari pengorbanan serta perjuangan seorang Kartini yang harus kita pahami dan implementasikan dalam kehidupan sehari-hari demi kemajuan masa depan bangsa.

"Selamat merayakan Hari Kartini, semoga teladan Kartini senantiasa mewarnai perjalanan seluruh anak bangsa dalam meraih cita-cita bersama yang lebih baik di masa depan," kata Firli.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA