Selasa 21 Apr 2020 20:59 WIB

Mourinho Dipuji Tempatkan Rashford di Sayap

Rashford dinilai lebih pas dan berbahaya menyerang dari sayap seperti Thierry Henry.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Marcus Rashford dan Jose Mourinho (kanan).
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Marcus Rashford dan Jose Mourinho (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pemain Manchester United (MU) Marcus Rashford dinilai memiliki gaya permainan yang mirip dengan legenda Arsenal, Thierry Henry. Itu disampiakan oleh komentator sepakbola sekaligus mantan pemain Aston Villa, Andy Gray. Gray sependapat dengan Jose Mourinho tentang posisi terbaik Rashford di sayap kiri.

Rashford menikmati penampilannya musim ini bersama MU. Capaian gol yang diciptakan musim ini sebanyak 19 gol di semua kompetisi merupakan yang terbaik dalam kariernya besama Setan Merah. Gol-gol tersebut sebagian besar ia cetak saat posisinya di sayap kiri.

Baca Juga

Pemain 22 tahun itu telah bermain baik di posisinya sebagai striker sentral dan sayap kiri untuk MU. Sehingga hal tersebut memunculkan perdebatan tentang posisi terbaik Rashford. Rashford sendiri menyatakan lebih menyukai bermain dari kiri. Legenda MU, Paul Scholes pun setuju bahwa sayap kiri adalah posisi terbaik Rashford.

"Sepertinya Jose Mourinho tahu lebih banyak daripada yang dipikirkan kebanyakan orang,” kata Gray memuji Mourinho soal pilihan posisi terbaik Rashford dalam wawancara dengan beIN Sports, dilansir dari Metro, Selasa (21/4).

Menurut Gray, Mourinho gagal di Old Trafford karena orang-orang tak suka dengan filosofi permainannya. Mourinho juga berselisih dengan sejumlah orang. Tapi dari aspek teknis, Gray menilai Mourinho punya perspektif hebat dalam menempatkan pemain. 

Gray menambahkan, Rashford merupakan pemain dengan kemampuan gerakan menggiring bola serta kecepatan di atas rata-rata. Posisi sayap kiri juga dinilai akan memudahkan Rashford dalam bermain dibandingkan harus berdiri di ujung serangan.

Itu sebabnya, Rashford mengingatkannya kepada Henry yang juga piawai bermain dari sisi sayap kiri. Dari posisi tersebut, mantan pemain internasional Prancis itu mencapai kesuksesan dalam kariernya.

"Dia lebih seperti Thierry Henry tipe pria depan yang bermain dari area yang luas dan melayang keluar dan ketika dia mendapatkannya dia bisa meledak dan menghancurkan orang," ujar Gray.

Rashford tak bisa disamakan dengan striker lain seperti Sergio Aguero, Romelu Lukaku atau Gabirel Jesus yang nyaman berdiri di posisi striker sentral. Meskipun ketiga pemain tersebut bisa bermain dari sisi sayap, namun tak sebaik apa yang dilakukan Henry dan Rashford. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement