Selasa 21 Apr 2020 20:48 WIB

IMF: Sistem Keuangan Saudi Siap Mengatasi Dampak Covid-19

Kerajaan Saudi telah mulai reformasi ekonomi yang luas dalam beberapa tahun terakhir.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Muhammad Fakhruddin
Suasana Arab Saudi
Foto: Saudi gazette
Suasana Arab Saudi

REPUBLIKA.CO.ID,RIYADH -- Utusan Dana Moneter Internasional (IMF) untuk Arab Saudi, Tim Callen mulai berkoordinasi dengan pemerintahan Saudi. Dalam pelaksanaannya, disebutkan bahwa sistem keuangan Arab Saudi saat ini telah dipersiapkan dengan baik untuk mengatasi dampak ekonomi dari pandemi Covid-19. 

Dilansir dari Saudigazzete, Selasa (21/4) Callen menegaskan, kondisi bank-bank di Saudi saat ini juga dalam kondisi baik. Sebab, menurut dia, ada solvabilitas dan permodalan yang kuat untuk memungkinkan mereka menyerap dampak negatif dari pandemi. 

Dia menambahkan, asumsi Arab Saudi terkait kepresidenan G20 juga menunjukkan kesempatan untuk memperdalam kerja sama dengan IMF. Terlebih, ketika wilayah kerajaan Saudi telah memulai reformasi ekonomi yang luas dalam beberapa tahun terakhir. Di mana hal tersebut masih dilakukan, dan terus berlanjut sampai masa kepresidenan G20 berakhir. 

Terkait dampak global pandemi ini, kata dia, ekonomi global akan terus dipengaruhi oleh epidemi coronavirus. Namun demikian, tindakan pencegahan yang diperlukan, dinilai akan mengurangi kegiatan ekonomi.

Mengutip data dari Worldometer, Selasa (21/4), pasien terkonfirmasi di Saudi hingga kini sudah mencapai 10.484. Jumlah tersebut termasuk dari 103 orang yang dinyatakan meninggal dan 1.490 lainnya yang telah sembuh. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement