Selasa 21 Apr 2020 21:20 WIB

Rashford Akui Paksakan Diri Demi Tampil di Piala Eropa

Penyerang MU, Marcus Rashford akui paksakan diri demi tampil di Piala Eropa.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Agung Sasongko
Marcus Rashford menyeringai kesakitan pada laga rematch putaran ketiga Piala FA Cup antara Manchester United dan Wolverhampton Wanderers di Old Trafford,  Manchester, Britain, 15 January 2020.  EPA-EFE/PETER POWELL
Foto: Peter Powell/EPA-EFE
Marcus Rashford menyeringai kesakitan pada laga rematch putaran ketiga Piala FA Cup antara Manchester United dan Wolverhampton Wanderers di Old Trafford, Manchester, Britain, 15 January 2020. EPA-EFE/PETER POWELL

REPUBLIKA.CO.ID,  MANCHESTER -- Ada berkah tersendiri yang sepertinya dirasakan penyerang Manchester United, Marcus Rashford, terkait penundaan gelaran Piala Eropa 2020. Dengan penundaan tersebut, peluang striker berusia 22 tahun itu untuk tampil di kompetisi paling elit antar negara Eropa itu makin terbuka lebar.

Akibat pandemi Covid-19, UEFA telah memutuskan untuk menunda gelaran putaran final Piala Eropa 2020. Sebelumnya, Piala Eropa 2020 akan digelar pada Juni-Juli tahun ini, namun akhirnya ditunda selama satu tahun dan baru akan diselenggarakan pada 11 Juni hingga 11 Juli 2021 mendatang.

Apabila Piala Eropa 2020 digelar pada tahun ini, maka kemungkinan besar Rashford akan absen membela Inggris. Pasalnya, jebolan akademi sepak bola Manchester United itu tengah mengalami cedera punggung, yang memaksanya absen di sembilan laga terakhir United sebelumnya akhirnya kompetisi harus dihentikan sementara lantaran pandemi covid-19.

Keraguan tampilnya Rashford di Piala Eropa 2020 sempat diutarakan pelatih United, Ole Gunnar Solskjaer, pada Februari silam. Tidak hanya itu, mantan kapten timnas Inggris, Wayne Rooney, juga sempat menyarankan kepada Rashford untuk tidak memaksakan diri tampil di turnamen bergengsi saat kondisi kebugarannya belum 100 persen.

Namun, Rashford mengakui, sebenarnya sudah memiliki rencana untuk tampil di Piala Eropa 2020 pada musim panas tahun ini. Bahkan, Rashford menyebut, sudah bersiap kembali ke sesi latihan United pada pertengahan April ini kendati belum sepenuhnya pulih dari cedera punggung.

''Itu mungkin terlalu memaksakan, tapi saya tidak mau kehilangan kesempatan pada musim panas mendatang. Jadi, saya ragu apakah saya bisa 100 persen fit di turnamen itu. Namun, sejak saat itu, banyak hal telah terjadi, dan sekarang, tubuh saya memiliki waktu yang lebih banyak untuk beristirahat,'' kata Rashford kepada United Podcast seperti dikutip Reuters, Selasa (21/4).

Tidak hanya itu, Rashford juga berusaha untuk mengikuti saran dari Rooney. Kendat begtitu, alumni timnas Inggris U-21 itu tetap berharap untuk bisa ambil bagian dan disertakan dalam skuat Inggris di Piala Eropa 2020. ''Berat untuk mengatakan tidak saat Anda memiliki kesempatan untuk mencoba sesuatu. Sebagai seorang pemain, Anda tentu ingin tampil di semua laga yang bisa Anda mainkan,'' tutur Rashford.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement