Selasa 21 Apr 2020 18:48 WIB

Positif Covid-19 di Kalteng Bertambah 18 Orang

Jumlah kasus positif terjangkit virus corona di Kalteng kini menjadi 78 orang.

Pengecekan pasien dengan metode polymerase chain reaction atau PCR (ilustrasi)
Foto: AP Photo/Gerald Herbert
Pengecekan pasien dengan metode polymerase chain reaction atau PCR (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Kasus positif Covid-19 di Kalimantan Tengah bertambah hingga 18 orang menurut data terbaru pada Selasa (21/4). Total pasien positif di provinsi tersebut kini tercatat menjadi 78 orang.

"Hari ini secara kumulatif total kasus terkonfirmasi di Kalteng 78 orang, terdiri dari 65 orang dalam perawatan, 9 orang sembuh dan 4 orang meninggal," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalteng Sugianto Sabran melalui Wakil Ketua Pelaksana Harian Suyuti Syamsul di Palangka Raya, Selasa (21/4).

Kasus positif baru tersebut, yakni berasal dari Palangka Raya 2 orang, Lamandau 1 orang, Pulang Pisau 3 orang, Kapuas 1 orang, Barito Selatan 6 orang, serta Murung Raya 5 orang.

Rincian kasus positif 78 orang itu Palangka Raya 25 orang terdiri dari 15 dalam perawatan, 8 sembuh dan 2 meninggal. Kabupaten Katingan 4 orang dan semua dalam perawatan. Kabupaten Kotawaringin Timur 9 orang, terdiri dari 7 dalam perawatan, 1 sembuh, dan 1 meninggal.

Kabupaten Kotawaringin Barat 13 orang dan semua dalam perawatan, Kabupaten Lamandau 1 orang dan dalam perawatan, Kabupaten Seruyan 1 orang dan dalam perawatan, Kabupaten Pulang Pisau 4 orang dan semua dalam perawatan, serta Kabupaten Kapuas 2 orang, terdiri dari 1 dalam perawatan dan 1 meninggal.

Barito Selatan 6 orang dan semua dalam perawatan, Barito Timur 1 orang dan dalam perawatan, Barito Utara 3 orang dan semua dalam perawatan, serta Murung Raya 9 orang dan semua dalam perawatan.

Adanya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Barsel dan Lamandau, membuat zona merah bertambah dan kini menjadi sebanyak 11 kabupaten dan 1 kota di Kalteng. Sisanya, yakni Gunung Mas dikategorikan zona kuning dan Sukamara zona hijau.

"Penambahan kasus positif baru hari ini, sebagian merupakan kluster Gowa beserta kontaknya, ada juga orang tanpa gejala (OTG) dan kontak dengan pasien positif sebelumnya," ungkapnya.

Kemudian untuk penambahan kasus meninggal di Palangka Raya, yakni merupakan PDP yang meninggal beberapa hari lalu. Terkait semakin meluasnya penyebaran Covid-19 dengan bertambahnya zona merah, maka semua pihak diminta untuk lebih waspada dan disiplin mengikuti anjuran pemerintah.

Lebih lanjut ia menjabarkan, jika banyak yang diumumkan positif Covid-19 setiap harinya, maka hanya ada dua kemungkinan. Pertama, puncak penularan semakin dekat dan kedua, case detection rate yang dilakukan semakin bagus.

Sementara itu, jumlah pasien dengan pengawasan (PDP) Kalteng ada 58 orang dan orang dalam pemantauan (ODP) 252 orang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement