Selasa 21 Apr 2020 10:48 WIB

Kim Jong-un Dirawat di Rumah Sakit karena Sakit Jantung

Kim Jong-un telah menjalani operasi kardiovaskular pada 12 April.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un
Foto: Alexei Nikolsky, Sputnik, Kremlin Pool Photo
Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un sedang dalam perawatan medis setelah mengalami gangguan kardiovaskular atau sakit jantung pada awal bulan ini. Hal itu menjawab spekulasi tentang kesehatan Kim karena dia tidak hadir dalam acara peringatan ulang tahun kakeknya, Kim Il-sung, pada 15 April.

Daily NK yang mengutip sumber-sumber internal melaporkan, Kim sedang beristirahat dan menjalani pemulihan di sebuah vila di daerah resor Gunung Kumgang, Hyangsan. Dia sebelumnya telah menjalani operasi kardiovaskular pada 12 April di sebuah rumah sakit.

Baca Juga

Menurut Daily NK, kesehatan Kim telah menurun dalam beberapa bulan terakhir. Kim dikenal sebagai perokok berat dan mengalami obesitas. Selain itu, dia terlalu banyak bekerja sehingga kurang istirahat.

"Setahu saya dia telah berjuang (dengan masalah kardiovaskular) sejak Agustus lalu, tetapi memburuk setelah kunjungan berulang ke Gunung Paektu," kata sumber yang dikutip.

Kim dilarikan ke rumah sakit setelah memimpin pertemuan politbiro Partai Buruh yang berkuasa pada 11 April. Itu adalah terakhir kali Kim muncul di depan publik. KCNA melaporkan, Kim tidak hadir dalam penembakan beberapa rudal jarak pendek pekan lalu. Menurut pejabat Soul, penembakan rudal tersebut merupakan bagian dari perayaan ulang tahun Kim Il-sung.  

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement