Senin 20 Apr 2020 22:14 WIB

RSUP Dr Sardjito Terima Donasi Peralatan medis

Tim Gugus Penanganan Covid-19 telah berupaya menyediakan APD, namun belum cukup.

Hellofit memberikan donasi senilai Rp 700 juta kepada RSUP Dr Sardjito Yogyakarta, Senin (20/4).
Foto: Istimewa
Hellofit memberikan donasi senilai Rp 700 juta kepada RSUP Dr Sardjito Yogyakarta, Senin (20/4).

REPUBLIKA.CO.ID, Yogyakarta -- Dalam dua minggu terakhir, Hellofit sudah berdonasi APD dan peralatan medis untuk mencegah penularan Covid-19 ke tiga kota, yakni Solo, Semarang, dan kini Yogyakarta. Total bantuan yang diberikan mencapai Rp 2 miliar.

Hari ini, Hellofit beralih ke RSUP Dr Sardjito dengan memberikan donasi peralatan medis senilai Rp 700 juta. Yogyakarta juga tengah gencar menekan jumlah penderita Covid-19 dan memutus mata rantai penyebarannya.

“Tindakan pencegahan penularan Covid-19 di Yogya sudah berjalan dengan baik. Saya berharap Yogya tetap dapat menahan laju kenaikan jumlah penderita Covid-19. Karena itu, saya memberikan bantuan kepada RSUP Dr Sardjito Yogyakarta, supaya bisa dimaksimalkan untuk memberi perlindungan kepada tenaga medis,” kata Vincent Geraldi (27) selaku Founder dan CEO Hellofit dalam rilisnya, Senin (20/4).

Pemberian bantuan ini didasari keprihatinannya agar tenaga medis dilengkapi dengan APD sesuai dengan standar yang berlaku. Dia merasa sedih bila ada tenaga medis yang bertugas tidak dilengkapi APD sesuai standar. Padahal, mereka membutuhkan perlindungan maksimal saat menangani pasien.

Karena itu, Vincent dalam memberikan bantuan tetap berfokus pada APD dan peralatan medis untuk para tenaga medis. Kali ini bantuannya berupa 1.000 masker N95, 500 baju hazmat, 2.000 sarung tangan medis, 500 face shield, 500 kacamata pelindung, 10 ribu masker kain, 1.000 botol dan 48 galon hand sanitizer.

Penyerahan bantuan APD dan peralatan medis lainnya ini diterima langsung oleh Direktur Utama RSUP Dr Sardjito dr Rukmono Siswishanto, M.Kes., Sp.OG (K) didampingi Direktur Perencanaan, Organisasi, dan Umum drg. Rini Sunaring Putri, M.Kes. pada Senin (20/4).

“Pemerintah Daerah dan Tim Gugus Penanganan Covid-19 memang telah berupaya keras menyediakan APD. Namun, jumlahnya belum mencukupi. Karena itu, bantuan dari berbagai pihak saya hargai. Seperti saat ini dari Hellofit yang memberikan bantuan yang benar-benar dibutuhkan tenaga medis. Dengan memakai APD medis berstandar, maka tenaga medis akan merasa lebih aman dan diperhatikan keselamatannya,” kata dr Rukmono.

Menurut dr Rukmono, untuk menangani Covid-19 memang perlu uluran berbagai pihak. Apalagi RS Dr Sardjito telah ditunjuk sebagai pusat rujukan Covid-19. Pihaknya pun sangat menghargai ketulusan dan nilai gotong royong yang muncul dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Saya senang dan bangga adanya bantuan ini menjadi bukti nyata dukungan penuh bagi tenaga medis. Salut ada anak muda yang turun langsung. Semoga menjadi inspirasi bagi anak-anak muda lainnya untuk membantu. Tidak hanya itu, anak-anak muda juga harus memiliki kesadaran tinggi akan bahaya Covid-19. Ringankan tugas rumah sakit dengan melindungi diri dari penularan Corona,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement