Selasa 21 Apr 2020 00:42 WIB

Negosiasi Harga Sancho, Posisi MU Lemah

Sancho dikabarkan memiliki harga pasar senilai 100 juta pound sampai 120 juta pound.

Jadon Sancho
Foto: EPA-EFE
Jadon Sancho

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Laporan The Sun mengeklaim Manchester United dan gelandang Jadon Sancho telah mencapai kesepakatan transfer tanpa sepengetahuan Borussia Dortmund selaku sang pemilik pemain. Menurut pengamat sepakbola Graeme Souness, situasi tersebut membuat posisi tawar MU menjadi lemah ketika nanti negosiasi harga dengan Dortmund.

''Jika Anda Manchester United dan Anda melakukannya tanpa kesepakatan lebih dahulu dengan Dortmund, maka Anda akan kehilangan kekuatan Anda saat maju ke meja perundingan dengan Dortmund,'' kata Souness, seperti dikutip Sky Sports, Senin (20/4).

MU akan tidak berkutik ketika melakukan negosiasi harga dengan Dortmund untuk melepas Sancho. Dengan adanya kesepakatan personal MU-Sancho tersebut, Dortmund menjadi tahu bahwa Man United sangat menginginkan Sancho dan tentunya bersedia melepas dengan harga berapapun.

‘’Karena mereka sudah tahu kekuatan penawaran Anda, mereka sudah tahu bahwa Anda sangat menginginkannya, maka Anda sudah kehilangan kekuatan negosiasi anda,’’ kata Souness.

Souness menilai Dortmund yang kini memegang kendali meja negosiasi. Setelah tahu Sancho ingin hengkang, Dortmund pastinya tidak mau merugi sehingga hanya akan melepasnya dengan harga tinggi. Bahkan, meskipun keuangan klub sedang tergoncang akibat wabah Corona, Dortmund diyakini tidak akan menurunkan harga pelepasan Sancho.

Sancho dikabarkan memiliki harga pasar senilai 100 juta pound sampai 120 juta pound. Harga tersebut naik lebih dari sepuluh kali lipat ketika Dortmund mendapatkannya dari Manchester City pada 2017 silam. Ketika itu harga Sancho hanya delapan juta pound.

Dengan harganya sekarang mencapai 100 juta pound, Liverpool sudah lebih dulu mundur dari perburuan wonder kid asal Inggris tersebut. Nilai tersebut masih akan meningkat karena Chelsea juga menginginkan sang pemain. 

Souness yang rajin mengkritik bintang MU Paul Pogba ini mengatakan MU akhirnya bisa saja memboyong Sancho ke Old Trafford. Namun, menurut Souness, negosiasi sebaiknya dimulai dari kesepakatan antara kedua klub.

''Kesepakatan mungkin saja terjadi, tapi saya tidak melihat kronologisnya seperti itu,'' katanya. ''Kedua klub harusnya mencapai kesepakatan terlebih dahulu. Setelah, baru hal-hal lainnya menyusul.''

Laporan the Sun sebelumnya menyebutkan MU sudah membicarakan kesepakatan transfer secara detail pada Sancho. Sejumlah kesepakatan seperti panjangnya masa kontrak, gaji, bonus, dan hal lain sudah disepakati.

Kedua belah pihak sudah berbicara secara tertutup selama berbulan-bulan. Manchester United tinggal bernegosiasi untuk mencapai kesepakatan pembelian dengan Borussia Dortmund sebagai pemilik Sancho. Musim ini, Sancho mencetak 17 gol dari 35  penampilannya di berbagai kompetisi bersama Dortmund.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement