Senin 20 Apr 2020 15:45 WIB

Doni: Konsultasi Terkait Covid Turun, Non-covid Naik

Penggunaan telemedicine untuk konsultasi medis ternyata sangat efektif

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo (tengah)
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyebut jumlah warga yang melakukan konsultasi kesehatan terkait virus corona saat ini mulai menurun. Sedangkan, jumlah warga yang melakukan konsultasi selain terkait virus corona justru mengalami kenaikan. 

“Bapak menteri kesehatan telah melaporkan kepada bapak Presiden dalam beberapa  hari terakhir, konsultasi yang berhubungan dengan covid mengalami penurunan. Sementara konsultasi yang non covid justru mengalami kenaikan,” jelas Doni saat konferensi pers, Senin (20/4).

Pemerintah juga meminta penggunaan fasilitas telemedicine oleh masyarakat untuk berkonsultasi kepada tim dokter agar terus dioptimalkan. Menurut Doni, hingga saat ini telah ada lebih dari 20 unicorn berbasis medis yang telah dimanfaatkan fasilitasnya oleh masyarakat.

“Sudah ada lebih dari 20 unicorn dan ternyata  ini sangat efektif. Ada 1 juta masyarakat yang telah memanfaatkan fasilitas chat board. Kemudian yang melalui via telemedicine sendiri sebanyak 320 ribu,” ujar dia.

Penggunaan layanan telemedicine ini juga dinilai penting untuk memberikan perlindungan optimal kepada para dokter dan tim medis lainnya. Presiden juga menekankan agar tenaga medis sebagai garda terdepan dalam melawan corona ini mendapatkan perlindungan yang optimal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement