Senin 20 Apr 2020 15:42 WIB

Ikatan Alumni FKH IPB Bagikan Paket Bantuan kepada Mahasiswa

Program bantuan itu juga menyasar pedagang kantin dan petugas keamanan kampus.

Ikatan Alumni FKH IPB University memberikan bantuan kepada adik-adik kelasnya yang ha4us bertahan tinggal di Bogor dalam situasi pandemi Covid-19.
Foto: Dok IPB University
Ikatan Alumni FKH IPB University memberikan bantuan kepada adik-adik kelasnya yang ha4us bertahan tinggal di Bogor dalam situasi pandemi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Terjadinya pandemi Covid-19 tidak menyurutkan masyarakat untuk terus berbagi. Contohnya di kampus IPB University, Bogor, Jawa Barat. Kebijakan rektor mengenai pembatasan masuk wilayah kampus membawa dampak besar, baik bagi mahasiswa maupun tenaga kependidikan seperti petugas keamanan, petugas kebersihan, penjaga kantin dan sebagainya.

Rilis IPB University yang diterima Republika.co.id menyebutkan, sejak IPB University memberlakukan partially closed down, kantin di seluruh fakultas tutup. Tentu saja hal ini mengurangi pendapatan pemilik kantin bahkan sampai kehilangan pekerjaan.  Hal inilah yang membawa Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Hewan (IKA FKH) IPB University berinisiatif untuk berbagi lewat program Bantuan Alumni Peduli Almamater (Baper).

Bekerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKH dan beberapa relawan dari mahasiswa, program ini ditujukan untuk pedagang kantin, petugas keamanan yang berjaga di fakultas, dan mahasiswa yang sampai saat ini masih bertahan di Bogor.

Dimulai sejak Tanggal 5 April 2020, donasi ini akan terus dibagikan hingga beberapa minggu ke depan sampai dampak Covid-19 mereda. Sebanyak 300 paket bantuan telah disebarkan di wilayah lingkar kampus.

Paket bantuan yang diberikan terbagi atas dua macam. Paket pertama berupa hand sanitizer, masker, vitamin, susu, makanan kemasan dan kalengan. Paket kedua berupa telur mentah dan makanan masak yang siap santap.

Ibu-ibu pedagang kantin yang biasa berjualan di kantin FKH dilibatkan untuk memasak bahan makanan yang disediakan oleh IKA FKH. Selain membantu proses donasi, ibu-ibu ini juga mendapat pemasukan sehingga setidaknya membantu ekonomi mereka. Makanan yang telah masak akan didistribusikan oleh BEM dan relawan mahasiswa kepada mahasiswa dan petugas keamanan kampus.

Bantuan makanan ini diberikan setiap dua kali dalam seminggu yaitu pada hari Sabtu dan Ahad. Proses pendistribusian dilakukan secara bertahap oleh BEM dan relawan mahasiswa di pos-pos yang telah ditentukan atau rumah salah satu koordinator angkatan.

Kemudian dari pos tersebut barang akan didistribusikan kepada mahasiswa dan pegawai. Semua pelaksanaan dilakukan sesuai dengan prosedur kewaspadaan yang ada seperti menghindari kerumunan, menggunakan masker dan selalu mencuci tangan setelah melakukan berbagai macam aktivitas.

Dekan FKH, Prof Drh Srihadi Agungpriyono, PhD, PAVet(K), atas nama fakultas mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas kepedulian alumni FKH. “Saya juga ucapkan terima kasih kepada drh Fitri, drh Sukma dan kawan-kawan yang telah menyampaikan bantuan sebagai tanda kepeduliannya kepada adik-adik mahasiswa. Insya Allah bermanfaat,” ucapnya.

Harapannya, pemberian paket bantuan ini dapat membantu pemenuhan kebutuhan gizi dan menjaga kesehatan mahasiswa serta pegawai di tengah wabah Covid-19.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement