Senin 20 Apr 2020 12:32 WIB

Jelang Ramadhan, Jokowi Minta Kepastian Distribusi Pangan

Jokowi minta jajarannya turun ke lapangan memastikan distribusi dan stok pangan.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Nur Aini
Presiden Joko Widodo
Foto: Antara/Hafidz Mubarak
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya untuk memastikan kelancaran distribusi pangan dan bahan pokok menjelang Ramadhan. Jokowi meminta jajarannya turun ke lapangan untuk memeriksa distribusi logistik. Selain momentum Ramadhan, kepastian pasokan bahan pangan menjadi penting lantaran Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19.

"Pastikan bahwa distribusi logistik, kelancaran produksi betul-betul tidak ada hambatan di lapangan. Stok pangan cukup, pastikan, agar kita memasuki Ramadhan kita memiliki kepastian mengenai stok pangan," ujar Jokowi saat pembukaan rapat terbatas, Senin (20/4).

Baca Juga

Mengutip Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, sejumlah komoditas disebut mengalami kenaikan harga. Beras misalnya, dijual dengan harga Rp 14.150 per kg di Kalimantan Tengah. Kemudian harga rata-rata nasional cabai rawit hijau mengalami kenaikan 4,38 persen, menjadi Rp 34.550 per kg. Gula pasir, masih bertahan di harga Rp 18.600 per kg.

Sebelumnya, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo juga menyampaikan bahwa stok pangan nasional mencukupi untuk memenuhi kebutuhan 3-4 bulan ke depan. Pemerintah, ujarnya, juga telah mengantisipasi adanya kenaikan harga. Sedikitnya Rp 25 triliun anggaran dialokasikan untuk operasi pasar bila harga bahan pangan melonjak tajam.

Dalam rapat terbatas sebelumnya, Presiden juga mengingatkan menterinya untuk mengantisipasi kelangkaan dan krisis pangan dunia seperti yang disampaikan Badan Pangan dan Pertanian Dunia (FAO). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement