Ahad 19 Apr 2020 20:47 WIB

Pergunu Beri Bantuan ke Ustaz dan Marbot Masjid

Pergunu membuat program bantuan bahan kebutuhan pokok masyarakat.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Muhammad Fakhruddin
Ilustrasi Bantuan Untuk Korban
Foto: Foto : MgRol112
Ilustrasi Bantuan Untuk Korban

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG -- Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) berikan bantuan kepada ustadz majlis taklim, ustaz masjid, marbot masjid, guru honorer hingga kaum duafa di berbagai daerah di tanah air. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian Pergunu terhadap meluasnya permasalahan sosial akibat dampak pandemi Covid-19 di tengah-tengah masyarakat.

Wakil Ketua PP Pergunu, Aris Adi Leksono mengungkapkan, pandemi Covid-19, telah menimbulkan dampak yang luar biasa di masyarakat, salah satunya adalah melemahnya perekonomian masyarakat. Tak terkecuali bagi ustadz majlis taklim, ustadz masjid maupun marbot masjid akibat tidak ada lagi aktifitas bekerja di luar, guna mematuhi kebijakan bekerja dari rumah.

Prihatin atas kondisi tersebut, Pergunu membuat program bantuan bahan kebutuhan pokok masyarakat, bagi mereka yang ikut terdampak oleh wabah tersebut. "Bantuan disalurkan untuk guru honorer, ustadz masjid, ustadz majlis taklim, marbot masjid dan para dhuafa," ungkap  Aris dalam keterangan pers yang diterima Republika.co.id, Ahad (19/4).

Kegiatan sosial ini, lanjutnya, merupakan salah satu langkah kongkrit sekaligus bentuk kepedulian sosial yang dilakukan oleh Pergunu terkait imbas penyebaran Covid-19. Tujuannya untuk membantu meringankan beban kebutuhan dasar masyarakat, khususnya para ustadz yang ikhlas mengabdi di tengah- tengah masyarakat. 

"Melalui kegiatan ini Pergunu dapat meringankan beban mereka, terutama dalam memenuhi kebutuhan hidup dasar selama situasi pandemi ini masih berlangsung," kata Dosen UNU Indoensia tersebut.

Sementara itu, Ketua Umum PP Pergunu, Kiai Asep Saifuddin Chalim memberikan Instruksi kepada seluruh pengurus dan anggota Pergunu se-Indonesia untuk peduli kepada korban dampak Covid-19. Menurutnya, berbuat kepedulian sosial, sekecil apapun, kepada siapapun, di manapun, untuk terus menerus membantu hingga wabah Covid di angkat oleh Allah SWT. 

"Paling tidak berdoa bersama agar wabah ini diangkat oleh Allah. Terus menerus berbuat, peduli sosial kepada sesama," tegas pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Mojokerto, Jawa Timur ini.

Dalam kegiatan sosial ini, Ketua Umum PP Pergunu juga sudah menyalurkan bantuan sembako kepada ribuan dhuafa, ustadz, guru honorer dan lainnya di wilayah jawa timur. "Di beberapa wilayah, pergunu juga melakukan kegiatan bakti sosial untuk korban terkena dampak covid-19, seperti di Jawa Tengah, DKI Jakarta, Kalimantan Barat dan sejumlah daerah lain," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement