Ahad 19 Apr 2020 18:57 WIB

Seorang Mahasiswa FT Unila Positif Corona

Mahasiswa itu diduga positif Corona tertular oleh orang tuanya.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Teguh Firmansyah
Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Lampung dr Reihana saat memberikan keterangan pers di Bandar Lampung, Ahad (17/4).
Foto: Gambar Tangkapan Video
Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Lampung dr Reihana saat memberikan keterangan pers di Bandar Lampung, Ahad (17/4).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Seorang mahasiswa (laki-laki) Fakultas Teknik Universitas Lampung (Unila) dinyatakan positif terkonfirmasi virus corona (Covid-19). Mahasiswa tersebut tertular melalui orang tuanya yang juga pasien positif 20 Covid-19.

 

Baca Juga

"Iya benar. Mahasiswa itu OTG (orang tanpa gejala)," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Lampung dr Reihana dalam keterangan persnya di Bandar Lampung, Ahad (19/4) petang.

 

Ia  mengatakan, riwayat mahasiswa tersebut mengaku belum pernah mengunjungi Fakultas Teknik selama masa pandemi Covid-19.  "Memang, katanya, belum pernah berkunjung ke fakultasnya. Kami sudah melakukan tracing (pelacakan) semua keluarganya. Pasien 20 (bapaknya), juga OTG Covid-19," jelasnya.

 

Reihana, yang juga kepala Dinas Kesehatan Lampung mengatakan, mahasiwa tersebut berasal dari Kota Bandar Lampung. Hasil swab tenggorakan pertama hasilnya positif, dan semuanya sudah positif . Petugas masih harus mengulang sampai hasilnya negatif dua kali baru ia bisa dinyatakan sembuh.

 

"Mahasiswa tersebut saat ini menjalani isolasi mandiri," katanya.

 

Berdasarkan keterangan yang diperoleh Republika.co.id, Ahad (19/4), pihak Unila melakukan pengetatan di dalam kampus. Pihak fakultas mengimbau seluruh dosen, mahasiswa, karyawan untuk tidak beraktivitas di laboratorium sampai kondisi dinyatakan aman.

 

Selain itu, kepada pihak fakultas untuk melaksanakan dengan cermat protokol penanganan Cvodi-19 bagi yang masih beraktivitas di dalam kampus. Informasi yang beredar, mahasiswa tersebut, pernah ke kampus 12 hari lalu dan bertemu dengan rekan-rekannya di laboratorium.

 

Belum diperoleh konfirmasi dari jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Lampung hasil tracing kepada keluarga, dan juga rekan-rekan mahasiswa lainnya yang pernah kontak dengan bersangkutan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement