Ahad 19 Apr 2020 18:33 WIB

Teco Klaim Pemain Asal Brasil Mudah Adaptasi di Liga 1

Teco menyoroti sejumlah pemain Brasil yang berpengaruh besar bagi tim Indonesia.

Pelatih Bali United, Stefano
Foto: Republika/Hartifiany Praisra
Pelatih Bali United, Stefano

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Bali United Stefano "Teco" Cugurra berpandangan bahwa para pemain asal Brasil lebih cepat beradaptasi ketimbang para pemain di negara lainnya. Terutama ketika bermain di Liga 1 Indonesia.

"Saya pikir pemain Brasil memiliki adaptasi lebih cepat dibandingkan pemain dari negara lain untuk bermain di Indonesia dan bisa bantu tim buat prestasi," kata Teco seperti dilansir di laman resmi klub, Ahad (19/4).

Teco menyoroti sejumlah pemain Brasil yang memberikan pengaruh besar bagi tim masing-masing. Seperti, Willian Pacheco (Bali United), Alex Goncalves (Tira Persikabo), Renan Silva (Bhayangkara FC), hingga Wander Luiz (Persib Bandung).

Untuk Willian Pacheco, pemain bertubuh jangkung ini seakan tidak pernah absen dalam menjaga lini pertahanan Serdadu Tridatu, julukan Bali United, terkecuali mengalami cedera atau akumulasi kartu.

Kemudian Renan Silva dinobatkan sebagai pemain asing terbaik Liga 1 2019 kala masih berseragam Borneo FC. Sementara, Wander Luiz menjadi pemain tersubur dan kini telah mencetak empat gol dari tiga laga bersama Persib di Liga 1 2020.

Sebelum nama-nama itu, banyak para pemain Brasil yang sempat meramaikan kancah sepak bola Indonesia. Carlos de Mello, Jacksen F Tiago, Luciano Leandro, Antonio Claudio, David da Rocha, Hilton Moreirra, Alberto Goncalves (kemudian dinaturalisasi), hingga Patrick Cruz, dan Arthur Cunha, yang sukses bersama klubnya masing-masing.

Menurut Teco, mudahnya pemain Brasil beradaptasi di Liga 1 karena suasana di negara asalnya hampir mirip dengan Indonesia, apalagi sama-sama beriklim tropis.

"Brasil adalah negara besar dengan banyaknya pemain bola. Ada pemain yang bagus tapi tidak bisa masuk atau bertahan lama di tim besar yang ada di Brasil," kata Teco menjelaskan. "Sehingga mereka lebih memilih bermain di luar negara Brasil, salah satunya Indonesia karena suasana di Brasil mirip dengan Indonesia."

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement