Ahad 19 Apr 2020 15:14 WIB

Aksi Polisi Ditsamapta Polda Metro Urus Jenazah Covid-19

Para polisi Ditsamapta Polda Metro Jaya tak gentar urus jenazah Covid-19.

Ditsamapta Polda Metro Jaya (PMJ) melakukan pengurusan jenazah Covid-19.
Foto: Dok Istimewa
Ditsamapta Polda Metro Jaya (PMJ) melakukan pengurusan jenazah Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Anggota Tim Khusus (Timsus) Ditsamapta Polda Metro Jaya (PMJ) menunjukkan komitmennya untuk berbakti turut serta dalam mengangani pandemi wabah Covid-19.

Tak terkecuali menunaikan fardu kifayah jenazah pasien Covid-19. Kali ini, polisi bersama petugas dari Dinkes DKI, Satpol PP, dan DMI memakamkan jenazah perempuan berusia 70 tahun di TPU Tegal Alur, Jakarta Barat, Sabtu (18/4).   

Baca Juga

Lansia yang tercatat sebagai warga Petamburan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, itu meninggal dunia akibat terinfeksi COVID-19. Anggota Ditsamapta PMJ menunaikan fardu kifayah jenazah tersebut, mulai dari memandikan, mengkafani, menyalatkan, hingga memakamkan.  

“Proses pemakaman jenazah Covid-19 itu berlangsung aman dan lancar, mulai dari pukul 16.00 hingga 17.30 WIB. Semoga almarhumah husnul khotimah,” kata Dirsamapta PMJ Kombes Pol. Mohammad Ngajib, Ahad (19/4).  

Sebelumnya, anggota Ditsamapta PMJ juga membantu pengamanan dan proses pemakaman jenazah pasien Covid-19 di TPU Tagal Alur, Jakarta Barat pada Jumat (10/4/2020). Proses pemakaman jenazah ini sempat mendapat penolakan dari pihak keluarga almarhum. 

Namun, berkat penjelasan yang disampaikan Dirsamapta PMJ Kombes Pol Mohammad Ngajib, akhirnya pihak keluarga menerima jenazah tersebut dimakamkan di TPU Tegal Alur, Jakarta Barat, sekitar pukul 10.00 WIB. 

“Alhamdulillah, setelah kami berikan imbauan dan diajak ikut melaksanakan sholat jenazah, pihak keluarga jenazah dapat menerima,” kata Kombes Pol Mohammad Ngajib.  

photo
Ditsamapta Polda Metro Jaya (PMJ) terlibat dalam pengurusan jenazah Covid-19. - (Dok Istimewa)

Ngajib mengatakan salat jenazah pasien COVID-19 itu dilakukan di lokasi pemakaman dengan imam salat Ipda Nuryasin. “Alhamdulillah, pelaksanaan pemakaman jenazah berjalan dengan lancar,” katanya.  

Selain membantu proses pemakaman, anggota Ditsamapta Polda Metro Jaya juga memberikan sejumlah bantuan kepada para petugas yang terlibat dalam pemakaman jenazah di TPU tersebut.  

Menurut Ngajib, bantuan yang diberikan, di antaranya minuman dan makanan kecil untuk anggota yang pengamanan di TPU, sembako sebanyak 70 bungkus bagi keluarga petugas pemakaman, 300 buah jas hujan untuk pelapis Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas pemakaman, dan 20 peaces APD bagi petugas pemakaman.  

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement