Ahad 19 Apr 2020 13:55 WIB

China Ungkap Misi Changé 5 Ambil Sampel di Bulan

Misi Changé 5 merupakan fase ketiga dari program eksplorasi bulan China.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Bulan
Foto: en.wikipedia.org
Bulan

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON-- Misi robot bulan Chang’e 5 Cina dijadwalkan akan diluncurkan pada akhir tahun ini. Usaha tersebut merupakan fase ketiga dari program eksplorasi bulan, yaitu mengembalikan sampel dari bulan.

Wilayah pendaratan kandidat yang dilaporkan untuk Chang’e 5 adalah wilayah Ruemker, yang terletak di utara Oceanus Procellarum (Samudra Badai). Daerah ini kompleks secara geologis dan dikenal karena aktivitas vulkaniknya.

Baca Juga

Misi Chang’e 5 memiliki empat bagian utama, yaitu modul pengorbit, ascender, lander dan Earth, yang akan berisi hingga 4,4 lbs (dua kilogram) sampel permukaan dan bawah permukaan bulan. Penulis utama G.L. Zhang dari Observatorium Astronomi Nasional, Akademi Ilmu Pengetahuan Cina, merinci tugas-tugas utama Sistem Penelitian Tanah (GRAS) dari proyek eksplorasi bulan.

Tugas-tugas ini termasuk menerima sampel bulan dari sistem pesawat ruang angkasa, membangun fasilitas dan laboratorium khusus untuk penyimpanan sampel lokal dan penyimpanan cadangan di lokasi lain dan persiapan serta pra-proses sampel bulan.

Sesuai dengan persyaratan misi, GRAS membentuk rencana persiapan, penyimpanan dan persiapan sampel bulan yang lengkap. Rencana itu mencakup penyerahan dan transfer sampel bulan dari sistem pesawat ruang angkasa ke GRAS, melepas segel paket sampel, pemisahan sampel (pemisahan sampel bor dan pemisahan sampel yang diambil), penyimpanan sampel (sampel diambil dan dibor) dan persiapan sampel.

Rencana terperinci terkait saluran pipa dibahas dalam makalah LPSC. Pertama, sampel bulan yang dikembalikan akan dibagi menjadi sampel yang diambil  dan sampel yang dibor setelah memasuki laboratorium.

Sampel yang diambil dan sampel yang dibor kemudian akan dibagi menjadi empat kategori, yaitu sampel penyimpanan permanen, cadangan sampel penyimpanan permanen, sampel penelitian ilmiah dan sampel pameran.

“Semua alat yang bersentuhan dengan sampel bulan terbuat dari stainless steel, Teflon, kaca kuarsa atau bahan komposisi yang dikenal untuk benar-benar mengontrol faktor-faktor yang akan mempengaruhi analisis ilmiah selanjutnya. Kandungan air dan oksigen dalam kotak sarung tangan, diisi dengan murni (nitrogen) akan dipantau secara ketat untuk mencegah sampel bulan dari polusi Bumi,” demikian yang tertulis di catatan kertas LPSC, seperti yang dilansir dari Space, Ahad (19/4).

Orang-orang China menganggap serius penanganan, penyimpanan dan pemeriksaan pendahuluan terhadap set sampel bulan baru yang potensial. Teknologi yang dijelaskan dalam banyak hal ini mirip dengan teknologi di NASA Lunar Sample Laboratory.

“Penggunaan atmosfer nitrogen untuk persiapan, subdivisi dan penyimpanan telah membuktikan hal ini perlu dan (diperlukan) dalam jumlah yang memadai selama 50 tahun kurasi bulan di NASA,” kata pensiunan kurator astromaterial NASA, Carlton Allen.

“Teknologi yang dijelaskan oleh G.L. Zhang dan rekannya memiliki potensi untuk membuat sampel bulan ini secara langsung sebanding dengan sampel Apollo dan Luna, yang secara signifikan dapat meningkatkan nilai setiap set sampel,” ujar Allen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement