Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Covid-19 Tak Terbendung, Apple Bakal PHK Karyawannya?

Sabtu 18 Apr 2020 20:42 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Covid-19 Tak Terbendung, Apple Bakal PHK Karyawannya?. (FOTO: Reuters/Ralph Orlowski)

Covid-19 Tak Terbendung, Apple Bakal PHK Karyawannya?. (FOTO: Reuters/Ralph Orlowski)

Covid-19 Tak Terbendung, Apple Bakal PHK Karyawannya?

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Adanya pandemi Covid-19 di berbagai negara di dunia, bukan hanya berpengaruh pada kesehatan manusia saja, tetapi mulai terasa menggangu perusahaan-perusahaan besar, salah satunya Apple.

Sampai saat ini, diketahui perusahaan teknologi itu masih bisa membayar karyawan di toko-toko ritelnya yang terpaksa tutup sementara selama masa pandemi vius Corona. Meski demikian, Apple tetap harus menghadapi kemungkinan pemutusan hubungan kerja.

Ketika disinggung mengenai kemungkinan PHK terhadap karyawannya akibat pandemi Corona, Chief Executive Officer Apple, Tim Cook mengatakan, sampai saat ini perusahaannya masih dalam kondisi sehat.

Baca Juga: Alhamdulillah, Apple akan Buka Kembali Tokonya di Wilayah . . . .

"Saya tidak akan memberitahu Anda jika Apple tidak akan terdampak," ujarnya, seperti dikutip laman Mashable, Sabtu (18/4/2020).

Cook mengatakan, Apple juga akan terkena pengaruh dari dampak luas dari menyebarnya virus yang berasal dari China tersebut. Namun, dia sangat yakin perusahaan bisa cepat bangkit, dan berjalan seperti semula.

Hal yang membuatnya fokus Apple bisa cepat bangkit, kata dia, bisa dilihat dari tetap fokusnya para karyawan bekerja meski dalam bentuk virtual meeting. Sehingga, diharapkan bisnis akan kembali pulih setelah Corona.

"Jika kita tetap fokus melakukan yang terbaik, jika kita tetap berinvestasi, jika kita mengelola bisnis dengan bijak dan membuat keputusan yang kolaboratif, jika kita menjaga tim kita, jika tim kita tetap menjaga pekerjaannya, saya tidak melihat alasan apap un namun untuk tetap optimis," ujarnya.

Bos Apple itu mengatakan, keuangan perusahaannya masih dalam kondisi baik walaupun dalam krisis. Dengan kondisi ini, kata Cook, Apple tetap berupaya untuk berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan teknologi.

Baca Juga: Corona Porak Porandakan Industri Otomotif Eropa, Penjualannya Ambles 55%

Tak cukup sampai di situ, Apple juga tetap akan terus meluncurkan produk terbarunya. Salah satu buktinya terjadi pada pekan ini, yakni peluncuran produk iPhone SE.

Cook juga belum yakin kapan kantor Apple akan kembali dibuka dan pegawainya bisa bekerja lagi. Namun, dia mengatakan jika pengecekan suhu dan langkah social distancing kemungkinan akan diterapkan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA