Sabtu 18 Apr 2020 16:56 WIB

Pemain di Liga Spanyol Mesti Jalani Tiga Tes Covid-19

La Liga bakal memberikan waktu selama 15 hari untuk persiapan seluruh pemain.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Pemain Espanyol Bernardo Espinosa (tengah) berusaha mengganggu kiper Atletico Madrid Jan Oblak dalam pertandingan Liga Spanyol di Barcelona, Ahad (1/3).
Foto: EPA-EFE/ALEJANDRO GARCIA
Pemain Espanyol Bernardo Espinosa (tengah) berusaha mengganggu kiper Atletico Madrid Jan Oblak dalam pertandingan Liga Spanyol di Barcelona, Ahad (1/3).

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Otoritas penyelenggara Liga Spanyol, La Liga, telah menyiapkan sejumlah protokol kesehatan untuk seluruh kontestan La Liga sebelum kembali melanjutkan gelaran Liga Spanyol musim ini. Salah satunya keharusan setiap pemain menjalani setidaknya tiga kali tes virus corona.

La Liga bakal memberikan waktu selama 15 hari untuk persiapan seluruh pemain sebelum kembali melanjutkan kompetisi musim ini. "Tidak hanya itu, dalam protokol kesehatan yang telah disusun La Liga, setiap pemain juga harus menjalani setidaknya tiga tes virus Covid-19," tulis laporan Marca, Sabtu (18/4).

Baca Juga

Pertama terdiri dari tes PCR dan pemeriksaan tingkat antibodi, akan dilakukan sebelum pemain kembali berlatih di fasilitas klub. Hasil tes pertama ini diserahkan kepada La Liga paling lambat dua hari sebelum pemain tersebut berlatih di fasilitas milik klub.

Dengan tes ini, La Liga berharap bisa mendeteksi pemain-pemain yang terjangkit virus Covid-19. 

Setelah itu, ada tes kedua yang harus dilakukan para pemain sebelum bergabung bersama rekan-rekan setimnya di sesi latihan bersama. Kemudian, tes terakhir akan dilakukan beberapa hari sebelum La Liga musim ini kembali bergulir.

Dengan serangkaian tes ini, La Liga berharap, seluruh pemain yang tampil di Liga Spanyol benar-benar dipastikan bebas dari Covid-19. Sehingga bisa menekan resiko penyebaran virus corona, baik antarpemain ataupun terhadap staf pelatih.

Sebelumnya, akibat pandemi Covid-19, La Liga memang terpaksa harus ditunda sejak Maret silam. Pada saat itu, La Liga terhenti pada jornada ke-27 dan masih menyisakan 11 pekan lagi. Barcelona tengah berada di puncak klasemen sementara dengan keunggulan dua angka atas Real Madrid.

Kendati belum bisa memastikan kapan Liga Spanyol musim ini akan kembali bergulir, tapi Presiden La Liga Javier Tebas cukup optimistis Liga Spanyol musim ini bisa selesai. Bahkan, Tebas telah merancang waktu penyelenggaraan yang disesuaikan dengan jadwal terbaru dari UEFA.

"'Opsi yang tengah dibahas adalah kompetisi kembali pada 28 Mei mendatang. Artinya, La Liga digelar pada sepanjang Juni, dan kompetisi Eropa pada Juli. Selain itu ada pula opsi kembali menggelar kompetisi pada 6 Juni dan 28 Juni," kata Tebas seperti dikutip ESPN, beberapa waktu lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement