Sabtu 18 Apr 2020 11:45 WIB

Putri Kerajaan Swedia Terjun Langsung Tangani Covid-19

Putri Sofia asal Swedia terjun langsung membantu tenaga medis di rumah sakit.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Putri Sofia asal Swedia terjun langsung membantu tenaga medis di rumah sakit (Foto: Putri Sofia dan Pangeran Carl-Philip asal Swedia)
Foto: Flickr
Putri Sofia asal Swedia terjun langsung membantu tenaga medis di rumah sakit (Foto: Putri Sofia dan Pangeran Carl-Philip asal Swedia)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota putri kerajaan Swedia, Putri Sofia, Duchess of Värmland terjun langsung tangani pandemik Covid-19. Dia akan membantu tenaga medis di rumah sakit yang menangani wabah ini.

Dilansir di laman In Style, Sabtu (18/4), Putri Sofia terlihat mengenakan sepasang scrub dan mulai bekerja di Rumah Sakit Sophiahemmet di Stockholm, pada Kamis lalu. Aksinya itu dilakukan setelah menyelesaikan program pelatihan intensif secara daring.

Baca Juga

Menurut People, dia akan membantu staf rumah sakit dengan tugas-tugas terkait non-medis. Sementara juru bicara rumah sakit menjelaskan, Sofia dan rekan relawannya tidak akan bekerja secara langsung dengan pasien.

Sebaliknya, dia  akan mendukung dokter dan perawat dengan melakukan tugas-tugas seperti sebagai peralatan desinfektan, melakukan shift di dapur, dan melakukan pembersihan.

"Dalam krisis yang kita alami, sang Putri ingin terlibat dan memberikan kontribusi sebagai pekerja sukarela untuk meringankan beban kerja besar para profesional perawatan kesehatan," kata Pengadilan Kerajaan dalam sebuah pernyataan.

Tanpa diduga, hal yang dilakukan Putri Sofia justru berdampak besar. Satu pekan setelahnya, sekitar 80 orang mendaftar untuk program pelatihan yang diambil Putri Sofia sebelum bergabung dengan rumah sakit. Sofia, yang menikah dengan Pangeran Carl-Philip, telah bekerja dengan rumah sakit di masa lalu dan telah menjabat sebagai Ketua Kehormatan sejak 2016.

Sejak pandemi coronavirus melanda, dia dan keluarga kerajaan Swedia lainnya bekerja dari rumah. Mereka pun memilih untuk melakukan ibadah Paskah secara virtual selama liburan akhir pekan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement