Jumat 17 Apr 2020 21:40 WIB

Pasien Covid-19 di Kalsel Bertambah 18 Orang

Penambahan berdasarkan hasil lab PDP yang dinyatakan positif.

Pengecekan pasien dengan metode polymerase chain reaction atau PCR (ilustrasi)
Foto: AP Photo/Gerald Herbert
Pengecekan pasien dengan metode polymerase chain reaction atau PCR (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Jumlah penderita Covid-19 di Kalimantan Selatan bertambah 18 orang dari sebelumnya 58 orang kini menjadi 76 orang. Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Kalimantan Selatan HM Muslim di Banjarmasin, Jumat (17/4) petang mengatakan penambahan tersebut berasal dari pasien dalam pengawasan (PDP) yang hasil laboratoriumnya dinyatakan positif.

Ketiga PDP tersebut yaitu, dua orang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin dan satu orang dirawat di Rumah Sakit Hasan Basry Kandangan, Hulu Sungai Selatan (HSS), sedangkan sisanya15 orang berasal dari Klaster Gowa, Sulawesi Selatan.

Dari 76 kasus tersebut, sebanyak 35 orang dirawat di berbagai rumah sakit rujukan di Kalsel, 26 orang melakukan isolasi mandiri, delapan orang dinyatakan sembuh dan tujuh orang meninggal dunia.

Sebanyak 35 orang yang dirawat tersebut, yaitu 16 orang dirawat di RSUD Ulin Banjarmasin, empat orang di RS HM Ansyari Saleh Banjarmasin, RS Abdul Aziz Kabupaten Batola, sebanyak dua orang.

Kemudian, RS Boejasin Kabupaten Tanah Laut sebanyak 3 orang, RS Idaman Banjarbaru sebanyak dua orang, RS Damanhuri Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) 3 orang, RS Hasan Basry Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) tiga orang dan RS Badaruddin, Tabalong sebanyak dua orang.

Adapun pasien Covid-19 tersebut masing-masing berasal dari Kabupaten Tanah Laut sebanyak 3 orang dalam perawatan, Kabupaten Kotabaru 1 orang dalam perawatan, Kabupaten Banjar 2 orang dalam perawatan, sembuh 3 orang dan 1 orang meninggal dunia.

Kabupaten Barito Kuala sebanyak 7 orang dalam perawatan, Kabupaten Tapin 1 orang dalam perawatan dan 1 orang meninggal dunia.

Kabupaten Hulu Sungai Selatan 3 orang dalam perawatan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah 3 orang dalam perawatan, Kabupaten Tabalong sebanyak 3 orang dalam perawatan dan satu orang sembuh.

Kabupaten Tanah Bumbu sebanyak 12 orang dalam perawatan, Kabupaten Balangan 1 orang dalam perawatan, Kota Banjarmasin sebanyak 21 orang dalam perawatan, 4 orang sembuh dan lima orang meninggal dunia, dan Kota Banjarbaru 4 orang dalam perawatan.

Sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) kini berjumlah sembilan orang, masing-masing dirawat di RSUD Ulin Banjarmasin 3 pasien, RS Moch Anshari Saleh Banjarmasin sebanyak 2 pasien.

Kemudian RS Hasan Basry Kandangan HSS 1 pasien, RS Islam Banjarmasin 1 pasien dan RS Balangan 2 pasien.

Sementara orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 1.383 orang bertambah 67 orang dibanding Kamis, 16 April 2020, sebanyak 1.316 orang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement