Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Jaksa KPK dan Sinergi Foundation Salurkan Bantuan

Jumat 17 Apr 2020 19:24 WIB

Red: Hiru Muhammad

Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Peduli Nakes berkolaborasi dengan Sinergi Foundation menyalurkan sejumlah Alat Pelindung Diri (APD) dan minuman nutrisi penguat imun tubuh ke RS Darurat Covid-19  Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Jumat (17/4).

Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Peduli Nakes berkolaborasi dengan Sinergi Foundation menyalurkan sejumlah Alat Pelindung Diri (APD) dan minuman nutrisi penguat imun tubuh ke RS Darurat Covid-19 Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Jumat (17/4).

Foto: istimewa
Asrama haji Pondok Gede telah menjadi RS Darurat bagi PDP

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Peduli Nakes berkolaborasi dengan Sinergi Foundation menyalurkan sejumlah Alat Pelindung Diri (APD) dan minuman nutrisi penguat imun tubuh ke RS Darurat Covid-19  Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Jumat (17/4).

Bantuan APD tersebut meliputi 100 coverall (Hazmat), 100 face shield (pelindung wajah), 1.000 botol minuman nutrisi lemon penguat imun tubuh, dan 5.000 Nurse Cap.

Saat ini, Asrama Haji Pondok Gede telah digunakan sebagai RS Darurat dan menampung perawatan Pasien Dengan Pengawasan (PDP). Mereka yang positif terinfeksi, harus dikirim ke RS Rujukan. Seiring dengan bertambahnya Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan PDP setiap harinya, beban kerja tenaga medis bertambah pula. 

Muhammad Asri Irwan, SH. MH, perwakilan Jaksa KPK Peduli Nakes (Tenaga Kesehatan) mengatakan gerakan ini adalah sebentuk empati dari para Jaksa di KPK, terhadap para insan medis yang tengah berada di garis depan dalam perjuangan melawan pandemi. "Kami prihatin, dan ingin turut serta berbagi kepedulian di tengah ujian wabah virus corona ini," kata Asri.

CEO Sinergi Foundation Asep Irawan menyampaikan apresiasinya kepada para Jaksa KPK yang turut serta berbagi empati, melalui kolaborasi bersama program #SinergiLawanCovid19. \

Selain bersama para Jaksa KPK, tambah Asep, SF juga bersama Kejari Kabupaten Cirebon dan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Kab. Cirebon mendistribusikan APD berupa 1.000 masker despoo, 2.500 mob cap, 110 coverall, 500 minuman penambah imun,100 face shield, 7 box Masker medis dan 500 buah masker 1 Layer untuk tenaga medis RS Arjawinangun Cirebon, Rabu 15 April 2020 lalu.

Tommy Kristanto, SH, M. Hum, Kepala Kejari Cirebon menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya pada para tenaga medis. "Mereka bekerja siang malam guna memutus penyebaran COVID-19. Semoga bantuan ala kadarnya ini bisa membersamai perjuangan mereka," katanya.

“Para tenaga medis rentan sekali tertular, mereka tak boleh lengah. Sehingga bantuan perlengkapan penunjang medis ini diharapkan bisa membantu mereka melindungi diri dalam perjuangan merawat para pasien. Insya Allah,” katanya.

Hingga saat ini, Sinergi Foundation melalui gerakan #SinergiLawanCovid19  sendiri telah menyalurkan sebanyak 81.900 masker, 54.500 mob cab, dan 3.450 minuman nutrisi penguat imun tubuh yang telah disalurkan kepada tenaga medis di beberapa tempat pelayanan kesehatan dan masyarakat umum di wilayah Jabar dan DKI Jakarta. Selain itu, ada 19 fasilitas sosial seperti masjid, sekolah, dan klinik yang turut diberikan penyemprotan disinfektan gratis.

Asep Irawan menjelaskan, angka penyaluran ini akan terus bertambah seiring dengan meningkatnya Sinergi Kebaikan masyarakat yang masuk.  “Semoga ikhtiar ini semakin menguatkan perjuangan mereka di baris terdepan melawan virus Corona. Bagi masyarakat yang ingin bersinergi membantu melawan COVID-19, bisa kunjungi www.sinergifoundation.org,” kata Asep.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA