Jumat 17 Apr 2020 16:59 WIB

Lintas Ekbis: Panen Dini Jaga Pasokan Pangan

.

Red: Yogi Ardhi

Petani memanen padi di sawahnya di Tulungagung, Jawa Timur, Jumat (17/4). Panen dini terpaksa dilakukan petani demi mencegah kerusakan tanaman padi, mengingat areal persawahan di daerah itu kerap menjadi langganan banjir saat turun hujan dengan intensitas tinggi. (FOTO : ANTARA/Destyan Sujarwoko)

Petugas memilah paket kiriman barang di Kantor Pos, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Jumat (17/4/2020). Menurut petugas, dimasa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), volume pengiriman paket pos khusus belanja online mengalami kenaikan rata-rata 10 persen dari biasanya. (FOTO : Antara/Yulius Satria Wijaya)

Petani memanen cabai di Desa Pangkalan, Karangrayung, Grobogan, Jawa Tengah, Jumat (17/4/2020). Petani setempat mengatakan sejak sebulan terakhir harga cabai di tingkat petani terus mengalami penurunan dari Rp50 ribu per kilogram menjadi Rp10 ribu per kilogram akibat panen yang bersamaan di beberapa daerah serta lesunya permintaan pasar dampak dari wabah COVID-19. (FOTO : ANTARA/Yusuf Nugroho)

Karyawan Bank Indonesia menurunkan kardus yang berisi bantuan kepada Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di Kota Gorontalo, Grorontalo, Jumat (17/4/2020). Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) menyerahkan bantuan 1.000 paket kebutuhan pokok bagi masyarakat, 942 buah masker dan hand sanitizer bagi Brimob, 3.350 masker bedah, 200 masker N95, 3.350 sarung tangan kepada Kantor Kesehatan Pelabuhan, penyemprotan disinfektan di 10 titik, wadah cuci tangan kepada Dompet Dhuafa dan satu unit mobil kepada Dinas Pangan untuk penanganan dan pencegahan COVID-19. (FOTO : ANTARA/Adiwinata Solihin)

Pekerja menyelesaikan pembuatan kapal nelayan tradisional di kawasan pesisir Kampung Jawa, Banda Aceh, Kamis (16/4/2020). Pekerja menyatakan mengalami kendala dalam penyelesaian pembuatan kapal nelayan tersebut karena terkendala ketersediaan bahan baku kayu (FOTO : ANTARA/Ampelsa)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, BLITAR -- Pandemi Covid-19 yang saat ini melanda Indonesia, tidak menyurutkan semangat petani di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, membantu penyediaan pangan. Panen padi. Terus berlangsung di berbagai daerah salah satunya di wilayah binaan Kostratani Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar tengah panen padi seluas 200 hektare dengan luasan panen 12.050 hektare dan jumlah produksi Gabah Kering Panen (GKP) sebanyak 72.304 ton, pada Kamis (16/4) lalu.

Dalam beberapa kesempatan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menegaskan sektor pertanian adalah tulang punggung pangan di tengah upaya Pemerintah dalam menanggulangi Covid-19. “Tanggung jawab menyediakan pangan bagi 267 juta penduduk Indonesia merupakan spirit bagi keluarga besar Kementerian Pertanian dan semua pelaku pembangunan pertanian,” tegas Mentan SYL. Berikut berita foto lintas ekonomi dan bisnis selengkapnya.

sumber : Republika, Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement