MUI: Sambut Baik Ramadhan dalam Kondisi Apapun

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil

 Jumat 17 Apr 2020 15:50 WIB

MUI: Sambut Baik Ramadhan dalam Kondisi Apapun. Foto: Ilustrasi Ramadhan Foto: Pixabay MUI: Sambut Baik Ramadhan dalam Kondisi Apapun. Foto: Ilustrasi Ramadhan

Di tengah Ramadhan saat covid-19, umat harus berprasangka baik kepada Allah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Cholil Nafis mengajak kepada seluruh umat Islam untuk menyambut baik datangnya bulan Ramadhan 1441 Hijriah. Walaupun, menurut dia, pada bulan Ramadhan kali ini umat Islam dihadapkan dengan situasi virus pandemi Covid-19.

“Kita harus menyambut baik hadirnya bulan Ramadhan dalam kondisi apapun,” ujar Kiai Cholil saat dihubungi Republika.co.id, Jumat (17/4).

Baca Juga

Menurut dia, bencana virus Covid-19 ini merupakan cobaan yang datang dari Allah untuk seluruh umat manusia. Karena itu, menurut dia, pada Ramadhan tahun ini umat Islam diuji untuk tetap menjaga keseimbangan ibadah di tengah Covid-19.

“Ini adalah cobaan bagi kita, mampu gak kita menjaga kesimbangan ibadah dan keseimbangan perilaku para saat normal dan pada saat diuji,” ucapnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Cendikia Amanah Depok ini mengatakan, seluruh umat Islam di Indonesia harus tetap percaya bahwa Ramadhan adalah bulan yang terbaik dari Allah. Di samping itu, kata dia, umat Islam juga harus tetap berperangka baik kepada Allah di tengah wabah Covid-19 ini.

“Kita tetap teguhkan Ramadhan itu adalah yang terbaik dari Allah, dan yang utama adalah khusnudzon kepada Allah bahwa ini ini bukan siksaan, tapi Allah ingin memberikan kebaikan kepada umat manusia,” katanya.

Bulan Ramadhan tahun ini diperkirakan akan dimulai pada 24 April mendatang. Selama Ramadhan, umat Islam akan berpuasa sejak terbitkan fajar hingga terbenamnya matahari di ufuk barat. Karena itu, Kiai Cholil mengimbau agak umat Islam melakukan berbagai persiapan sejak dari sekarang, sehingga bisa maksimal dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan.

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...

Berita Lainnya

Play Podcast X