Jumat 17 Apr 2020 15:46 WIB

Corona Tingkatkan Ketegangan Umat Hindu dan Islam di India

Kebijakan karantina diduga menargetkan umat Muslim di India.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini
Petugas pemadam kebakaran Delhi memberikan disinfektan pada tempat yang telah dihadiri jamaah sidang Islam yang dinyatakan positif virus Corona di Nizamuddin, New Delhi, India, Kamis (2/4). Polisi New Delhi telah mengajukan seorang tersangka terhadap ulama sekte agama Islam yang mengorganisir pertemuan bulan lalu karena telah melanggar langkah keamanan COVID-19 seperti jarak sosial
Foto: Manish Swarup/AP
Petugas pemadam kebakaran Delhi memberikan disinfektan pada tempat yang telah dihadiri jamaah sidang Islam yang dinyatakan positif virus Corona di Nizamuddin, New Delhi, India, Kamis (2/4). Polisi New Delhi telah mengajukan seorang tersangka terhadap ulama sekte agama Islam yang mengorganisir pertemuan bulan lalu karena telah melanggar langkah keamanan COVID-19 seperti jarak sosial

REPUBLIKA.CO.ID, MUMBAI -- Tinta ungu ditempel di tangan Iqbal Hussain Siddiqui oleh pekerja kesehatan India. Tanda itu seharusnya memastikan dia tinggal di rumah karena ketetapan karantina.

Pria berusia 66 tahun itu merupakan penjual telur di perkampungan kumuh Dharavi di Mumbai. Ketika dia tidak berjualan, maka dia berhadapan dengan kelaparan. Terlebih lagi, jika Siddiqui mengarantina diri artinya dia terjebak di rumah satu kamar tanpa ventilasi dan tanpa toilet.

Baca Juga

Siddiqui pun memutuskan untuk tetap berjualan, meski berhadapan dengan risiko karena tidak mematuhi peraturan. Namun, ada kecurigaan pada dirinya terhadap pemerintahan tentang keputusan karantina.

Ada yang menduga, anjuran karantina merupakan bagian dari upaya pemerintah nasionalis Hindu untuk menargetkan Muslim. Pemerintah Perdana Menteri Narendra Modi menggunakan pekerja kesehatan untuk mengumpulkan data tentang masyarakat Muslim dengan kedok berisi pandemi virus corona.

"Modi ingin menjadikan warga Muslim warga negara kelas dua," kata Siddiqui, yang diperintahkan untuk dikarantina setelah seorang tetangga dinyatakan positif terkena virus. Padahal, menurutnya, tidak ada orang yang sakit di lingkungannya.

Kecurigaan Siddiqui pun terjadi pada setengah lusin Muslim lain yang diajak bicara oleh Reuters di Dharavi yang memiliki 71 kasus yang terkonfirmasi. Ketidakpercayaan pada Modi oleh Muslim terjadi setelah berbulan-bulan protes terhadap Citizenship Amendment Act (CAA) yang mendiskriminasi umat Islam dan tindakan keras di wilayah Kashmir yang berpenduduk mayoritas Muslim.

Petugas kesehatan yang menyebar di seluruh kabupaten seperti Dharavi untuk mengidentifikasi dan melacak kasus telah menjadi sumber kecurigaan tertentu. Beberapa Muslim percaya bahwa mereka secara diam-diam mengumpulkan data untuk database nasional yang diusulkan yang bertujuan mengidentifikasi imigran ilegal.

Banyak Muslim merasa bahwa database, National Register of Citizens (NRC), dapat digunakan untuk menyerang warga tanpa dokumen dalam pengajuan kewarganegaraan. "Kita harus pergi dan memberi tahu masyarakat:‘ Tolong, ini tidak ada hubungannya dengan NRC. Ini untuk keselamatan Anda, '"kata anggota partai oposisi All India Council of the Union of Muslims, Imtiaz Jaleel.

Meski tidak ada rincian penyebaran virus berdasarkan agama, pemerintah memberi sorotan kuat terhadap Muslim. Hal itu setelah ada dugaan jamaah Muslim menyebarkan virus corona pada pertemuan di New Delhi bulan lalu. Pertemuan itu telah dikaitkan dengan setidaknya 1.000 kasus virus corona yang dikonfirmasi, dan lebih dari 25.500 orang yang terhubung dengannya telah dikarantina. 

Polisi negara bagian Maharashtra menuntut lebih dari 200 anggota kelompok Muslim, Tabligh Jamaat, karena diduga membantu menyebarkan virus corona. Polisi menduga banyak anggota jamaah bersembunyi di masjid-masjid.

Juru bicara Jamaah Tabligh, Mujeeb ur Rehman mengatakan, beberapa orang telah terdampar di masjid-masjid setelah lockdown diberlakukan. Mereka pun ketakutan menyerahkan diri kepada pihak berwenang.

Pertemuan Jamaah Tablighi telah dikaitkan dengan penyebaran utama kasus virus corona di India, Malaysia, dan Pakistan. Namun, beberapa ahli kesehatan mengatakan, pemerintah Modi melebih-lebihkan dampak kelompok di India dan pengujian intensif terhadap Muslim.

Pemerintah dinilai secara tidak adil menyatakan bahwa masyarakat tertentu bertanggung jawab atas penyebaran penyakit. Terlebih lagi, beredar pula informasi palsu yang menunjukan Muslim berusaha menyebarkan virus dengan meludah atau bersin sembarangan.

Pemerintah India mengaku telah memerintahkan Facebook dan aplikasi video TikTok untuk menghapus pengguna yang ditemukan menyebarkan hoaks tentang virus corona. "Pesan-pesan seperti itu memiliki potensi untuk menciptakan kepanikan. Ini secara efektif melemahkan upaya habis-habisan yang dilakukan oleh pemerintah India melawan virus corona." kata Kementerian TI dalam pernyataan. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement