Manfaat Buah Kurma (2)

Red: Muhammad Hafil

Jumat 17 Apr 2020 14:24 WIB

Manfaat Buah Kurma. Foto: Kurma (ilustrasi) Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang Manfaat Buah Kurma. Foto: Kurma (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam kitab yang sama yaitu Ath-Thibb an-Nabawi atau Metode Pengobatan Nabi, disebutkan sebuah hadits yang berbunyi: 

حَدَّثَنِي إِسْمَاعِيلُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ حَدَّثَنِي إِبْرَاهِيمُ بْنُ سَعْدٍ عَنْ أَبِيهِ قَالَ سَمِعْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ جَعْفَرٍ قَالَ رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْكُلُ الرُّطَبَ بِالْقِثَّاءِ

Baca Juga

Telah menceritakan kepadaku Isma'il bin Abdullah ia berkata; telah menceritakan kepadaku Ibrahim bin Sa'd dari Bapaknya ia berkata, "Aku mendengar Abdullah bin Ja'far berkata, "Aku melihat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam makan kurma segar dengan qitsa` (sejenis mentimun)." (HR Bukhari)

Ibnu Qayyim al Jauziyyah yang menulis kitab itu menjelaskan, pada intinya, buah yang satu bersifat panas sementara yang satunya bersifat dingin. Masing-masing bisa memperbaiki kekurangan pada buah lainnya, bisa menghilangkan bahayanya dan dapat mengatasi temperatur atau sifat yang berlawanan dengannya. Di samping masing-masing juga bisa mencegah pengaruh buruk pada buah yang lain.

"Ini adalah formula medis yang komprehensif dari dasar menjaga kesehatan tubuh," tulis Ibnu Qayyim.