Jumat 17 Apr 2020 10:53 WIB

Rasio Gol Meroket, Haaland Kalahkan Messi dan Ronaldo

Produktivitas gol Haaland saat berseragam Dortmund sama sekali tak merosot.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Striker Borussia Dortmund, Erling Haaland (kanan)
Foto: Martin Meissner/AP Photo
Striker Borussia Dortmund, Erling Haaland (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, DORTMUND -- Erling Braut Haaland kini menjadi wonderkid yang luar biasa di seluruh Eropa setelah mampu mencetak 40 gol dalam 33 pertandingan saja. Catatan rasio gol Haaland bahkan sukses mengasapi dua bintang abad ini Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Pesepak bola asal Norwegia itu mencetak 28 gol untuk RB Salzburg, dengan rincian 16 gol di Bundesliga Austria, delapan gol di Liga Champions, dan empat gol di Piala Austria.

Menariknya, produktivitas gol Haaland saat berseragam Borussia Dortmund sama sekali tak merosot. Pemain yang didatangkan Die Borussien dengan mahar 18 juta pounds pada bursa transfer musim dingin kemarin, berhasil mengukir 12 gol untuk seragam Kuning-Hitam dengan masing-masing sembilan gol di Bundesliga Jerman, dua gol di Liga Champions, dan satu di DFB- Pokal.

Sensasi Haaland tak berhenti sampai di situ. Ia masuk dalam timnas Norwegia U-20 pada perhelatan Piala Dunia U-20. Pesepak bola yang baru berusia 19 tahun mencatat sembilan gol dalam kemenangan 12-0 Norwegia versus Honduras. Itu adalah pertama kalinya pemain di kelompok umur mana pun mencetak sembilan gol dalam satu pertandingan di Piala Dunia.

Kini dilansir Marca, Jumat (17/4), catatan gol Haaland musim ini mengungguli Robert Lewandowski (39 gol), Kylian Mbappe (30), Ciro Immobile (30), Cristiano Ronaldo (29), pun Lionel Messi (24).

Puja-puji Haaland sepertinya tak akan berakhir cepat. Banyak klub dan pelatih meletakkan kekagumannya kepada pria kelahiran Leeds, Inggris, itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement