Jumat 17 Apr 2020 08:58 WIB

Gubernur Negara Bagian Terima Peta Jalan Perekonomian Trump

Gubernur Negara Bagian Delaware menyebut peta jalan Trump tampak masuk akal

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih
Pelanggan menunggu untuk masuk ke apotek di lingkungan Williamsburg, New York, Rabu (8/4). Gubernur-gubernur negara bagian Amerika Serikat (AS) menerima peta jalan untuk membuka kembali perekonomian yang diajukan pemerintah Presiden Donald Trump. Ilustrasi.
Foto: AP Photo/Mark Lennihan
Pelanggan menunggu untuk masuk ke apotek di lingkungan Williamsburg, New York, Rabu (8/4). Gubernur-gubernur negara bagian Amerika Serikat (AS) menerima peta jalan untuk membuka kembali perekonomian yang diajukan pemerintah Presiden Donald Trump. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Gubernur-gubernur negara bagian Amerika Serikat (AS) menerima peta jalan untuk membuka kembali perekonomian yang diajukan pemerintah Presiden Donald Trump. Gubernur Negara Bagian Delaware John Carney mengatakan pedoman Trump 'tampaknya masuk akal'.

"Kami berhari-hari, mungkin berpekan-pekan dari titik awal dan Anda harus mengalami penurunan kasus selama 14 hari, penurunan gejala dan kapasitas rumah sakit jika Anda kasus kembali," kata Carney, Jumat (17/4).

Baca Juga

Gubernur Connecticut Ned Lamont mengatakan pedoman Trump adalah 'rencana yang bagus' dengan syarat sebuah kebijakan diserahkan kepada gubernur negara bagian. "Saya menyambut baik pedoman itu. Jadi saya pikir kami berada di jalur yang benar," kata Lamont.

Gubernur West Virginia Jim Justice yang juga sekutu Trump berhati-hati dengan gagasan membuka kembali sebagian negara bagian. Menurutnya kapasitas pemeriksaan dan pelacakan kontak dengan pasien terinfeksi harus ditingkatkan sebelum pembatasan untuk memutus rantai penularan dapat dicabut dengan aman.

"Semuanya akan dilupakan dengan sangat cepat apabila kami bergerak ke tahap berikutnya terlalu cepat daripada yang seharusnya dan kami berada dalam situasi di mana masyarakat meninggal seperti lalat," kata Justice.

Dalam sebuah video konferensi dengan para gubernur negara bagian, Trump memberikan peta jalan untuk memulihkan perekonomian yang ambruk karena pandemi virus corona. Trump menekankan rencana dilakukan dengan pendekatan 'bertahap dan penuh pertimbangan'.

Rencana mengembalikan aktivitas seperti sebelum pandemi ini akan dilakukan di wilayah yang memiliki kapasitas pemeriksaan yang besar dan mengalami penurunan kasus infeksi. "Kami kembali memulai hidup kami lagi, kami mulai melakukan peremajaan perekonomian kami lagi, ini proses yang bertahap," kata Trump dalam konferensi harian di Gedung Putih, Jumat (17/4). 

Pedoman baru ini bertujuan untuk melonggarkan pembatasan di daerah-daerah yang tingkat penularannya virus coronanya rendah. Langkah tersebut dilakukan sambil membatasi pergerakan dari wilayah yang tingkat penyebarannya tinggi. Hal ini juga menunjukkan upaya untuk kembali ke kondisi normal membutuhkan proses yang lebih lama dibandingkan yang Trump prediksi.

Pejabat pemerintah federal AS memperingatkan kebijakan pembatasan sosial mungkin masih tetap perlu diberlakukan hingga akhir tahun demi mencegah merebaknya wabah baru. Pedoman baru ini memperkuat rencana yang sudah dikembangkan gubernur-gubernur negara bagian yang paling bertanggung jawab atas kesehatan publik di negara bagian mereka.

"Anda akan mengambil keputusan sendiri, kami akan mendampingi Anda," kata Trump kepada para gubernur.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement