Kamis 16 Apr 2020 23:45 WIB

Dampak Corona, Sembilan Hotel di Cirebon Tutup Sementara

Tingkat okupansi Hotel di Cirebon menurun drastis sejak Covid-19 mewabah.

Sejumlah hotel di Cirebon memutuskan menutup sementara operasionalnya karena terdampak Covid-19.
Foto: Instagram
Sejumlah hotel di Cirebon memutuskan menutup sementara operasionalnya karena terdampak Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Dinas Pariwisata Kota Cirebon, Jawa Barat, mencatat selama terjadinyapandemi Covid-19 sudah terdapat sembilan hotel yang ditutup sementara karena tingkat okupansi yang menurun drastis.

"Sampai dengan saat ini jumlah hotel yang tutup di Kota Cirebon sudah ada sembilan," kata Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (DKOKP) Kota Cirebon Agus Suherman di Cirebon, Kamis.

Agus mengatakan penutupan sementara hotel yang berada di Kota Cirebon itu akibat terus menurunnya tingkat hunian atau okupansi selama masa pandemi Covid-19.

Ia juga menambahkan masih ada beberapa hotel yang tetap beroperasi, meskipun yang menginap juga tidak seperti hari normalnya.

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI) Kota Cirebon Imam Reza Hakiki mengatakan mulai awal bulan April 2020 di Kota Cirebon sudah ada beberapa hotel yang menutup sementara.

Menurut Kiki, dari sejumlah hotel yang menginformasikan akan tutup sementara waktu, ada yang menginfokan selama satu bulan, bahkan ada yang lebih dari satu bulan.

"Jadi mereka melihat situasi di Kota Cirebon seperti apa. Daripada beroperasi, jauh lebih besar operasional, sehingga mereka memilih tutup," katanya.

Kiki menjelaskan dampak yang paling dirasakan akibat dari wabah virus corona yaitu menurunnya kunjungan tamu, di mana okupansi hanya di bawah 10 persen.

Penurunan tersebut sudah dirasakan sejak bulan Februari 2020, mulai dari acara pertemuan hingga pernikahan sudah mulai ditunda. "Okupansi di bawah 10 persen dan banyak yang membatalkan," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement