Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Saat Pandemi Mana yang Aman, Kacamata Atau Lensa Kontak?

Jumat 17 Apr 2020 00:40 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Muhammad Fakhruddin

Lensa kontak ilustrasi

Lensa kontak ilustrasi

Foto: flickr
Virus penyebab Covid-19 bisa ditransmisikan melalui lensa kontak ke permukaan mata.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Orang-orang yang mengalami kelainan refraksi membutuhkan bantuan kacamata atau lensa kontak agar dapat melihat dengan jelas. Di tengah pandemi Covid-19, penggunaan kacamata dinilai berisiko lebih rendah terhadap penularan Covid-19 dibandingkan lensa kontak.

Seperti diketahui, Covid-19 bisa ditularkan melalui mata. Oleh karena itu, salah satu anjuran untuk mencegah penularan Covid-19 adalah tidak menyentuh area wajah dan mata dengan tangan.

Di sisi lain, pengguna lensa kontak cenderung lebih sering menyentuh mata mereka ketika memasang atau melepaskan lensa kontak. Beberapa studi juga mengungkapkan bahwa virus penyebab Covid-19 bisa ditransmisikan melalui lensa kontak ke permukaan mata.

"Mengganti lensa kontak dengan kacamata dapat menurunkan iritasi dan membuat anda berhenti sebelum tangan menyentuh mata," jelas Dr Sonal Tuli dari American Academy of Ophtalmology (AAO), seperti dilansir CNA Lifestyle.

Pengguna kacamata juga diharapkan tak lupa untuk selalu menjaga kebersihan kacamata yang digunakan. Salah satunya adalah mengelap lensa kacamata dengan kain tanpa serat untuk menghapus debu hingga minyak yang mengotori lensa.

Selain itu, ahli dari Singapore National Eye Centre Dr Daniel Ting juga menganjurkan agar kacamata dibersihkan dengan disinfektan yang mengandung setidaknya 70 persen alkohol atau pemutih yang dicairkan.

"Alternatifnya, Anda bisa menggunakan tisu disinfektan atau spray disinfektan profesional yang dijual secara komersil," ungkap Ting.

Namun pengguna lensa kontak tidak harus buru-buru mengganti lensa kontak mereka dengan kacamata bila kondisi tidak memungkinkan. Untuk pengguna lensa kontak, tidak perlu membersihkan lensa kontak dengan cairan disinfektan.

Salah satu upaya yang perlu dilakukan pengguna lensa kontak adalah menjaga kebersihan lensa kontak seperti biasa. Selain itu, pengguna lensa kontak juga harus mencuci tangan dengan air dan sabun baik sebelum atau sesudah menggunakan lensa kontak.

"Mengganti tempat penyimpanan lensa kontak secara rutin, atau menggunakan lensa kontak sekali pakai merupakan opsi yang lebih baik," tutur Ting.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA