Bulan Sabit Merah Tukri Bantu 10 Juta Orang Selama Ramadhan

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Muhammad Fakhruddin

Jumat 17 Apr 2020 00:18 WIB

Bulan Sabit Merah Tukri Bantu 10 Juta Orang Selama Ramadhan. (Ilustrasi) Foto: Erdem Sahin/EPA Bulan Sabit Merah Tukri Bantu 10 Juta Orang Selama Ramadhan. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Di tengah pandemi Covid-19, Organisasi Bulan Sabit Merah Turki akan menyalurkan bantuan kepada 10 juta orang selama bulan suci Ramadhan. Bantuan ini tak hanya diberikan kepada warga Turki, tetapi juga orang lain yang membutuhkan di berbagai belahan dunia.

Kepala Bulan Sabit Merah Turki Kerem Kinik mengatakan bahwa bantuan ini akan didistribusikan selama Ramadhan. Sebagian besar bantuan ini akan lebih diprioritaskan untuk membantu warga Turki yang terdampak dan kesulitan akibat pandemi Covid-19.

"Tahun ini, kami mengalokasikan sebagian besar dari operasi kami untuk orang-orang yang membutuhkan di Turki," jelas Kinik, seperti dilansir Daily Sabah.

Meski sebagian besar bantuan diperuntukkan untuk warga Turki, Bulan Sabit Merah Turki juga akan tetap menyalurkan bantuan ke luar Turki. Bantuan ke luar Turki ini lebih difokuskan untuk wilayah-wilayah di berbagai belahan dunia yang terdampak oleh kemiskinan, perang dan bencana alam.

Bulan Sabit Merah Turki berencana untuk mengirim bantuan dalam bentuk paket makanan kepada setengah juta orang di 16 negara. Beberapa di antaranya adalah Bosnia-Herzegovina, Bulgaria, Turkish Republic of Northern Cyprus, Palestina, Suriah, Irak, Sudan Selatan, Somalia, Afghanistan, Pakistan, Bangladesh, Rakhine, dan Senegal.

Bantuan dalam bentuk paket makanan juga akan diberikan kepada 610.000 keluarga di Turki, atau sektiar 2,5 juta orang. Selain itu, Bulan Sabit Merah Turki juga akan memberikan bantuan dalam bentuk lain.

Bantuan lain yang disediakan adalah kode voucher yang bisa digunakan untuk berbelanja kebutuhan pokok selama Ramadhan. Kode ini akan dikirimkan melalui pesan singkat kepada orang-orang yang membutuhkan.

Bulan Sabit Merah Turki juga menyalurkan bantuan berupa masker wajah dan hand sanitizer yang mereka produksi sendiri. Bantuan lain yang akan disediakan Bulan Sabit Merah Turki adalah makanan berbuka puasa untuk 3 juta orang di Turki yang harus berdiam diri di rumah karena berbagai alasan.

Tak hanya itu, Bulan Sabit Merah Turki juga akan mengirimkan makanan berbuka puasa untuk 4,000 tenaga kesehatan yang bekerja di rumah sakit selama Ramadhan. Sebagai tambahan, Bulan Sabit Merah Turki juga akan mengirimkan paket perawatan diri dan sanitasi kepada 550.000 keluarga serta TL 400 untuk 215.000 keluarga di Turki selama Ramadhan.