Kamis 16 Apr 2020 19:49 WIB

RS Milik TNI AU di Jaktim Siap Tangani Pasien Covid-19

RSAU Esnawan siap merawat pasien dari keluarga TNI maupun umum.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ratna Puspita
Ilustrasi petugas medis membawa pasien ke ruang isolasi.
Foto: Antara/M Agung Rajasa
Ilustrasi petugas medis membawa pasien ke ruang isolasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rumah Sakit Angkatan Udara dr Esnawan Antariksa (RSAU Esnawan) di Halim Perdana Kusumah, Jakarta Timur, dinyatakan siap menangani pasien Covid-19. Di RSAU Esnawan kini telah tersedia fasilitas ruang perawatan isolasi sesuai standar protokol kesehatan World Health Organization (WHO).

"Sesuai arahan pimpinan TNI dan TNI AU, kami segera membangun ruang isolasi ini untuk membantu penanganan pandemi virus Covid-19 dengan sarana dan prasarana penunjang serta terpisah dari ruang perawatan lainnya," ujar Kepala RSAU Esnawan Kolonel Kes dr Mukti Arja Berlian, dalam keterangan persnya, Kamis (16/4).

Baca Juga

RSAU Esnawan saat ini telah memiliki fasilitas ruang isolasi dengan kapasitas 14 tempat tidur yang dilengkapi dengan High-Efficiency Particulate Air (HEPA) dan ventilator. HEPA filter berfungsi mengatur sirkulasi, tekanan, dan menyaring udara dari ruang isolasi agar tetap bersih dan bebas virus, bakteri, dan mikroba lainnya.

Ruang isolasi juga dilengkapi peralatan medis lengkap, tenaga medis yang cakap, CCTV 24 jam untuk memantau kondisi pasien di ruang isolasi, dan ruang tunggu keluarga yang nyaman. Fasilitas isolasi itu diperuntukkan bagi semua kalangan, baik prajurit TNI AU beserta keluarganya maupun pasien umum lainnya. 

"RSAU siap merawat pasien dari keluarga TNI maupun umum," jelas Mukti.

TNI AU memang telah menyiapkan sejumlah rumah sakit untuk penanganan pasien Covid-19, termasuk Rumah Sakit Pusat TNI AU dr Hardjolukito di Yogyakarta. Selain itu, TNI AU juga menyiapan Kontainer Isolasi Medik Udara (KIMU) yang bisa menerbangkan pasien Covid-19 menggunakan pesawat C-130 Hercules. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement