Monday, 11 Jumadil Awwal 1444 / 05 December 2022

Patroli Masker, Wali Kota Salatiga Tegur Warga yang Abai

Kamis 16 Apr 2020 16:46 WIB

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Ratna Puspita

Wali Kota Salatiga Yulianto (kanan)

Wali Kota Salatiga Yulianto (kanan)

Foto: dok. B2P2VRP Salatiga
Wali Kota Salatiga menegur kurir ekspedisi yang tidak mengenakan masker.

REPUBLIKA.CO.ID, SALATIGA -- Gusar melihat warganya masih mengabaikan risiko penularan Covid-19, Wali Kota Salatiga Yulianto menegur langsung siapapun warga yang tidak mengenakan masker. Wali kota meminta semua warga yang berada di tempat umum dan kedapatan tidak mengenakan masker untuk mamatuhi anjuran kesehatan dari pemerintah tersebut.

"Kenapa tidak pakai masker? Ini Corona sudah berbahaya. Saya ingatkan kalau keluar rumah ayo semua wajib pakai masker," kata Yulianto saat menegur salah seorang kurir ekspedisi di Terminal Tamansari, Kota Salatiga, Kamis (16/4).

Baca Juga

Wali kota pun meminta, pria tersebut tidak meremehkan imbauan untuk selalu mengenakan masker jika berada di tempat- tempat umum. Selain untuk diri sendiri, pemakaian masker untuk melindungi orang lain dari risiko penularan.

"Apalagi, anda bekerja sebagai pengantar paket, ketemu banyak orang dan berada di tempat- tempat umum," tegas Yulianto sambil memasangkan masker kepada pria pengantar paket tersebut.

Hari ini, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Salatiga mengadakan patroli masker untuk mencegah penularan Covid-19 di wilayahnya. Masyarakat yang kedapatan melintas di jalan raya dan tidak memakai masker langsung dihentikan dan diminta memakai masker. Bagi yang tidak memiliki masker, petugas patroli memberikan masker untuk dipakai saat itu juga. 

Menurut Yuliyanto, patroli masker ini menyasar masyarakat yang bekerja dan beraktivitas di jalanan maupun di tempat-tempat umum yang ada di wilayah Kota Salatiga. Seperti tukang parkir, sopir angkutan kota, tukang ojek maupun siapa yang tidak mengenakan masker di tempat umum. Sebab, mereka banyak bersinggungan dengan orang maka wajib mengenakan masker.

Selain itu, ia juga mengingatkan warga harus sering membersihkan tangan dengan hand sanitizer. Ia pun meminta warga Kota Salatiga disiplin dalam menjaga kesehatan dan mematuhi imbauan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Kalau masih ada warga yang membandel tidak memakai masker saat keluar rumah, saya sendiri yang akan memakaikan agar kesadaran mereka terus meningkat," tegasnya.

Menurut Yulianto, kesadaran warga Kota Salatiga dalam memakai masker untuk pencegahan penularan Covid-19 sudah semakin baik. Namun, masih ada saja sebagian warga yang abai dengan alasan lupa membawa masker.

Padahal memakai masker ini bentuk perlindungan diri dan orang lain dari penularan Covid-19. "Maka tidak boleh lupa, ini demi memutus mata rantai penyebaran virus Corona," tegasnya. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA