Kamis 16 Apr 2020 15:21 WIB

Ini Potensi Masalah di Spanyol Jika Kompetisi Diperpanjang

Satu dari sekian masalah adalah terkait kontrak pemain yang akan berakhir 30 Juni.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pertandingan La Liga Spanyol (ilustrasi). Sejumlah masalah bisa muncul saat kompetisi sepak bola di Spanyol digulirkan kembali.
Foto: Alberto Saiz/AP Photo
Pertandingan La Liga Spanyol (ilustrasi). Sejumlah masalah bisa muncul saat kompetisi sepak bola di Spanyol digulirkan kembali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi virus corona (Covid-19) yang menyebar di berbagai negara dapat menimbulkan masalah yang belum pernah terjadi sebelumnya di dunia sepak bola. Satu dari sekian masalah adalah terkait kontrak pemain yang akan berakhir 30 Juni mendatang. 

FIFA pun telah menawarkan solusi untuk ini, yakni menutup jendela transfer sampai awal musim depan. Sehingga, para pemain yang kontraknya habis pada akhir Juni masih bisa memperkuat klubnya. 

Namun, ada masalah lain yang timbul bagi pemain yang sudah bersepakat membela klub barunya pada 1 Juli. Pastinya, para pemain itu kesulitan bermain untuk klub baru mereka karena FIFA tidak akan membuka jendela transfer seperti biasa pada 1 Juli.

Berikut beberapa masalah yang akan terjadi di Spanyol jika musim diperpanjang, dilansir dari Marca, Kamis (16/4).

Pemutusan kontrak

Klub akan memiliki hak untuk memicu klausul terminasi kontrak pemain jika mereka menolak untuk tetap tinggal meskipun durasi kontrak mereka diperpanjang. Keraguan lain yang muncul adalah apakah klub harus membayar pemain jika durasi kontrak mereka diperpanjang.

Seperti yang dikatakan La Liga kepada klub, mereka tidak perlu membayar ekstra untuk para pemain yang kontraknya dibayarkan berdasarkan hitungan per musim.

Pemain pinjaman

Adapun pemain keluar dengan status pinjaman, harus tetap berada di klub tersebut jika musim diperpanjang melewati 30 Juni. Klub yang telah meminjam harus terus membayar upah mereka, jika itu yang disepakati, sampai mereka kembali ke klub asalnya.

Di La Liga, ada kekhawatiran tentang tim yang memiliki beberapa pemain pinjaman dan pemain lain yang kontraknya berakhir pada 30 Juni. Dalam kasus ini, itu tergantung pada sikap para pemain dalam skuat.

Salah satu contoh bisa terjadi di Divisi Segunda. Kiper Fuenlabrada, Biel Ribas, telah mengakhiri kontraknya karena menolak diminta bermain di luar masa berlaku sebelumnya.

Sulit kembali ke Spanyol

Namun dalam beberapa kasus, akan ada situasi di mana pemain mungkin menemukan diri mereka tidak dapat kembali ke Spanyol selama masa karantina. Penutupan perbatasan di seluruh dunia dapat mempersulit jika musim akan dilanjutkan dalam waktu dekat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement