Kamis 16 Apr 2020 08:26 WIB

Melinda Gates Tambah Dana Hibah Untuk WHO

Melinda Gates menambah dana hibah sebesar 150 juta dolar AS untuk WHO

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Melinda Gates
Foto: EPA
Melinda Gates

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Melinda Gates dari lembaga filantropi The Bill & Melinda Gates Foundation mengumumkan menambah dana hibah sebesar 150 juta dolar AS untuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Ia mengatakan langkah Donald Trump menangguhkan pendanaan WHO selama pandemi virus korona tidak masuk akal dan berbahaya.

Melinda Gates mengatakan dana hibah ini untuk membantu mempercepat pengembangan vaksin, obat dan kegiatan kesehatan lainnya selama pandemi virus corona. Menurutnya hanya WHO organisasi yang dapat mengatasi pandemi ini.

"Menghentikan pendanaan WHO selama pandemi jelas tidak masuk akal, kami membutuhkan respons global yang terkoordinasi, ketika Anda sedang berada di krisis seperti ini, semua tangan di atas dek," kata Melinda Gates, Kamis (16/4).

Pada Rabu lalu Trump mengumumkan menghentikan pendanaan ke WHO. Menurut Trump organisasi itu telah 'gagal menjalankan tugas utamanya' sehingga pandemi terjadi.

The Gates Foundation adalah pendonor terbesar kedua WHO setelah Amerika Serikat. Sebelumnya Melinda Gates mengatakan memotong dana untuk WHO selama krisis kesehatan terjadi 'seburuk kedengarannya'.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan ia menyesali keputusan Trump tersebut. Ia mengatakan saat ini organisasinya sedang menilai dampak dari keputusan tersebut dan akan 'mencoba mengisi kekosongan dengan mitra lainnya'.

Dengan dana hibah tambahan ini The Gates Foundation sudah memberikan 250 juta dolar yang khusus untuk mengatasi pandemi Covid-19. Tapi menurut mereka pendanaan yang ditinggalkan AS akan sulit diisi oleh pihak lain.

Selain untuk mengembangkan vaksin, cara diagnosa baru, dan obat-obatan. Dana yang diberikan lembaga filantropi itu utamanya untuk membantu negara-negara miskin dan masyarakat yang rentan terhadap penyebaran virus.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement