Kamis 16 Apr 2020 07:50 WIB

Hakim Minta Pengacara Berbusana Rapi Selama Sidang Daring

Pandemik Covid-19 membuat sejumlah persidangan digelar secara daring.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nora Azizah
Pandemik Covid-19 membuat sejumlah persidangan digelar secara daring (Foto: ilustrasi aplikasi zoom)
Foto: zoom
Pandemik Covid-19 membuat sejumlah persidangan digelar secara daring (Foto: ilustrasi aplikasi zoom)

REPUBLIKA.CO.ID, FLORIDA -- Hakim di Florida, Amerika Serikat (AS) memiliki satu permintaan pada pengacara yang mengikuti persidangannya. Pihaknya meminta untuk beranjak dari tempat tidur dan berpakaian yang rapi.

Pandemik virus Covid-19 membuat persidangan pun digelar melalui aplikasi Zoom. Organisasi hukum Weston Bar Association merilis surat permintaan Hakim Sirkuit Broward County, Dennis Bailey.

"Betapa luar biasa banyaknya pengacara yang tampil di hadapan kamera secara tidak pantas, seorang pengacara laki-laki tampil tanpa busana dan seorang pengacara perempuan tetap berada di tempat tidur, masih di bawah selimut," kata Bailey dalam suratnya tersebut, dilansir AP, Rabu (15/4).

Bailey juga tidak ingin pengacara yang tampil di persidangannya hadir sambil berjemur di bawah sinar matahari. "Mengenakan selimut pantai tidak menutupi Anda berada di samping kolam berenang dengan pakaian renang," tambah Bailey.

Sejak gedung persidangan ditutup pada 16 Maret lalu untuk memutus rantai penularan virus korona. Sistem peradilan di Broward County telah menggelar 1.200 sidang melalui Zoom.

Sidang-sidang itu melibatkan 13,771 peserta. Dalam suratnya Bailey mengatakan sidang yang menggunakan teknologi video konferensi Zoom kerap berlangsung lebih lama karena lag dan masalah audio.

"Sering kali pengacara tidak menatap ke layar tapi menunduk melihat dokumen, catatan dan pernyataan mereka atau menatap keluar jendela dan tidak bisa melihat hakim berteriak 'stop! stop!' karena ada yang mengajukan keberatan dan audio tetap pada saksi bukannya mematuhi hakim," katanya.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement