Kamis 16 Apr 2020 06:18 WIB

Nahwa Nur Santuni Pekerja Sektor Informal Terdampak Corona

LAZ Nahwa Nur menyalurkan sembako kepada tukang ojek dan sopir angkot.

LAZ Nahwa Nur menyalurkan bantuan sembako kepada pekerja sektor informal di Bogor, Jawa Barat.
Foto: Dok LAZ Nahwa Nur
LAZ Nahwa Nur menyalurkan bantuan sembako kepada pekerja sektor informal di Bogor, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Lembaga  Amil Zakat (LAZ) Nahwa Nur (NN) Bogor  menyalurkan  bantuan sembako untuk pekerja sektor informal yang terkena dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19. Penyerahan sembako tersebut dilakukan secara berkala serta menindaklanjuti  arahan pemerintah dalam melaksanakan physical distancing (jaga jarak)  sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 atau Corona.

Penyaluran di mulai pada tanggal 27 Maret 2020 di  daerah Bojonggede, Cibinong, Citayam dan daerah lainnya yang ada di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. “Masyarakat penerima manfaat terdiri dari ojek online, ojek konvensional, sopir angkot, pedagang asongan  dan lain-lain,” kata General Manager (GM) LAZ Nur Nahwa, Yusuf Cahyono dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Ia menambahkan, bantuan tersebut merupakan bagian dari program LAZ Nahwa Nur (NN) dalam membantu masyarakat menghadapi wabah pendemi Covid-19. Paket sembako itu berupa beras, minyak goreng, tepung, telur, mie instan, kecap, dan gula pasir.

“Pada April 2020 kami menargetkan penyaluran 600 paket sembako. Dengan target ini,  LAZ NN membutuhkan persiapan dana yang tidak sedikit. Karena itu, seluruh tim diminta untuk lebih semangat dalam mengkampanyekan program ini agar manfaat yang diberikan bisa lebih banyak lagi,” ujarnya.

Wabah Virus Corona saat ini menimpa semua kalangan. Salah satu yang terkena dampak secara ekonomi  adalah pekerja informal, seperti tukang ojek online. Mahman Bahruddin (45 Tahun), pengemudi  ojol  mengeluhkan menurunnya orderan mereka semenjak virus Corona menyerang.

“Dampak Covid berasa banget, orderan jadi turun drastis. Biasanya dapat 5-6 orderan, sekarang cuma 1-2 orderan karena pelanggan WFH dan anak sekolah libur, jadi gak dapat pemasukan,”  Jelas Mahman.

Mahman menambahkan  “Saya pribadi merasa terbantu sekali dengan adanya bantuan sembako dari LAZ Nahwa Nur. Semoga banyak  muzaki yang mau menyalurkan zakat infaq dan sedekah ya ke LAZ  Nahwa Nur sehingga kita, pekerja informal seperti  ojol,  bisa terbantu.” 

Yusuf mengemukakan, Tim LAZ NN akan mendata para calon penerima manfaat sesuai dengan kriteria yang disiapkan.  Kemudian akan menghubungi secara berkala para penerima manfaat agar mengurangi kerumunan orang banyak.

“Tim LAZ NN berupaya agar bantuan ini bisa disalurkan dengan optimal dan bisa tepat sasaran untuk masyarakat yang membutuhkan terutama dalam melalui wabah Covid-19 ini. Kita  berharap musibah ini segera berlalu,” kata Yusuf Cahyono.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement