Rabu 15 Apr 2020 21:16 WIB

Satu Pasien Positif Corona Asal Jambi Beriwayat dari Gowa

Pasien 06 di Provinsi Jambi memiliki riwayat perjalanan ke Gowa Sulsel.

Pengecekan pasien dengan metode polymerase chain reaction atau PCR (ilustrasi)
Foto: AP Photo/Gerald Herbert
Pengecekan pasien dengan metode polymerase chain reaction atau PCR (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Seorang pasien laki-laki positif Covid-19 asal Kota Jambi atau pasien 06 di Provinsi Jambi yang diumumkan pada Rabu (15/4), memiliki riwayat perjalanan mengikuti kegiatan di Gowa Provinsi Sulawesi Selatan pertengahan Maret 2020.

"Pasien 06 memiliki riwayat perjalanan ke Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi Johansyah di Jambi, Rabu.

Ia menyebutkan, tambahan satu orang pasien positif Covid-19 maka saat ini terdapat enam orang pasien terkonfirmasi positif berdasarkan hasil uji swab atau PCR.

Sebelumnya pasien tersebut mengikuti jamaah tabliqh di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan dan pulang ke Jambi pada 20 Maret 2020. Setelah pulang ke Jambi, yang bersangkutan mengalami gejala demam, batuk dan sesak nafas sehingga mendapat perawatan di RSUD Abdul Manap Kota Jambi dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Saat ini pasien positif Covid-19 atau pasien 06 tersebut dirawat di Rumah Sakit Abdul Manap, Kota Jambi.

Johansyah mengatakan Tim Gugus segera menginventarisir dan tracking kontak terhadap pasien 06. Semua orang yang kontak akan dilakukan rapid test, diharapkan besok sudah ada hasil.

Sementara itu, terkait tracking pasien 05 , seorang perempuan asal Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 daerah itu telah melakukan tranking kepada 32 orang yang pernah kontak dengan pasien itu dan hasilnya negatif. Tim masih akan melakukan tracking kepada delapan orang lain yang saat ini masih ditelusuri.

"Yang bersangkutan seorang pengusaha, selain keluarganya juga karyawannya ditracking termasuk beberapa orang lainnya," kata Johansyah.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk tetap di rumah, jaga kesehatan selalu cuci tangan dan wajib menggunakan masker jika harus ke luar rumah.

Saat ini lanjutnya, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 468 orang sedangkan PDP sebanyak 13 orang. Sementara pasien yang menunggu hasil uji swab sebanyak enam orang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement