Rabu 15 Apr 2020 14:41 WIB

Kawanan Kera Serbu Kantor Lurah Pakan Sinayan

Diduga kelaparan, kawanan kera serbu kantor Lurah Pakan Sinayan, Payakumbuh.

Kera ekor panjang (Macaca fascicularis). Diduga kelaparan, kawanan kera serbu kantor Lurah Pakan Sinayan, Payakumbuh.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Kera ekor panjang (Macaca fascicularis). Diduga kelaparan, kawanan kera serbu kantor Lurah Pakan Sinayan, Payakumbuh.

REPUBLIKA.CO.ID, PAYAKUMBUH -- Kawanan kera masuk dan mengacak-acak barang-barang di Kantor Lurah Pakan Sinayan, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, Sumatra Barat, Rabu. Salah seorang staf kelurahan, Ayu, mengatakan, semula kawanan kera tampak berkumpul di halaman dan sekitar gedung kantor, namun kemudian jumlahnya bertambah banyak.

"Sekitar pukul 10.30 WIB, mereka berlarian menerobos masuk ke kantor, jadi kami langsung mengurung diri di ruang arsip dan menutup pintu," kata Ayu.

Baca Juga

Menurut Ayu, kera-kera itu mengacak-acak arsip, menjungkirbalikkan perangkat komputer, dan membuka laci-laci meja di kantor lurah. Mereka memakan makanan yang ada di kantor, termasuk sarapan dan kudapan pegawai kelurahan.

"Tidak ada kerusakan berat pada aset kantor, namun kami jadi takut nanti kera itu kembali," kata Ayu.

 

Lurah Pakan Sinayan Zailendra menduga kawanan kera itu masuk ke kantor lurah karena kelaparan. Pengunjung Objek Wisata Ngalau yang biasa memberi makan kera-kera di daerah itu tidak ada lagi karena objek wisata ditutup sejak pertengahan Maret dalam upaya meminimalkan risiko penularan virus corona.

"Biasanya mereka makan dari pengunjung objek wisata itu. Mereka juga terbiasa makan dari sisa-sisa makanan anak sekolah SDN 59 Payakumbuh yang berdekatan dengan kantor kami," kata Zailendra.

Menurut Zailendra, aparat kelurahan selanjutnya akan mengantisipasi kemungkinan terjadi serangan kera. Pihaknya akn menghubungi petugas dinas terkait kalau membutuhkan pertolongan untuk menghalau kera-kera liar.

Kejadian serupa juga pernah terjadi di Thailand pada pertengahan Maret lalu. Wabah penyakit akibat infeksi virus corona tipe baru, Covid-19, membuat hotel-hotel di Thailand kosong, pemandu wisata tanpa pekerjaan, dan pasar sangat sepi.

Kondisi ini pun berdampak pada hewan liar yang biasanya termanjakan oleh pengunjung yang memberi makan. Monyet-monyet akhirnya menyerbu jalanan untuk mencari makanan karena tidak ada yang memberi seperti hari-hari biasanya.

Sebuah video yang direkam pada pertengahan Maret di Lopburi, timur laut Bangkok, menunjukkan kerumunan besar monyet berkeliaran di jalan-jalan. Dikutip dari The Guardian, monyet-monyet itu dikenal sebagai perampok di jalan-jalan dan mencuri makanan dari penduduk serta wisatawan. Perkelahian antara monyet terkadang terjadi, tetapi perkelahian dengan ukuran lebih besar jarang terjadi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement