Rabu 15 Apr 2020 01:10 WIB

Laga Internasional Pertama

Laga resmi internasional untuk kali pertama digelar.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Skotlandia versus Inggris pada 30 November 1872 adalah laga resmi internasional untuk kali pertama digelar. Laga ini dilangsungkan di Hamilton Crescent, Patrick, Glasgow. Stadion ini merupakan stadion kriket. Berbagai sumber menyebutkan antusiasme penonton saat itu cukup tinggi, mencapai 4.000 orang.

Sebelum pertandingan resmi itu digelar, Skotlandia dan Inggris sudah lima kali saling bentrok. Inggris unggul secara head to head, yaitu dengan meraih tiga kemenangan dan dua kali imbang. Namun, lima pertandingan tersebut belum diakui oleh Federasi Sepak bola Dunia (FIFA).

Alasannya, pemain Skotlandia banyak yang berdomisili di London, tetapi berdarah Skotlandia. Hanya ada satu pemain yang asli Skotlandia, yaitu Roberth Smith. Dia bermain pada dua pertandingan bersama Skotlandia. Awalnya, pertandingan antara Skotlandia dan Inggris itu digelar di London.

Namun, terpaksa dipindah ke Glasgow guna memajukan sepak bola Skotlandia. Klub Queens Park ditunjuk oleh Skotlandia untuk berhadapan dengan Inggris karena saat itu Skotlandia belum mempunyai asosiasi sepakbola.

Queens Park waktu itu adalah klub tertua di Skotlandia. Sedangkan, Inggris diwakili oleh pemain yang berasal dari sembilan klub berbeda, yaitu tiga pemain Oxford University dan Hertfordshire Rangers, Notts County, Harrow Chequers, Surrey Rifles, Cambridge University, Sheffield Wednesday, Crystal Palace, dan Barne masing-masing satu pemain.

Penonton antusias menyaksikan laga tersebut meski sempat ditunda selama 20 menit karena adanya kabut. Saling serang antarkedua tim tersaji pada pertandingan tersebut. Namun, hingga akhir pertandingan, skor berakhir tanpa gol. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement