Selasa 14 Apr 2020 21:49 WIB

Mantan Napi Terorisme Sumbangkan 1.350 Makser Kain

Sumbangan masker kain secara simbolis diserahkan kepada Gubernur Jateng.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Andri Saubani
Warga binaan menyelesaikan pembuatan masker berbahan kain perca di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIB, Purwakarta, Jawa Barat. (ilustrasi)
Foto: ANTARA/M IBNU CHAZAR
Warga binaan menyelesaikan pembuatan masker berbahan kain perca di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIB, Purwakarta, Jawa Barat. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA – Ingin ikut berbagi dalam kondisi Indonesia yang darurat pandemi Covid-19, mantan narapidana kasus terorisme memberikan sumbangan 1.350 masker kain kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang. Sumbangan alat pelindung diri (APD) tersebut merupakan karya mantan napi terorisme.

“Saya tidak pernah menghitung jumlahnya. Satu pun kalau itu diberikan dengan ikhlas dan ingin disumbangkan untuk kemanusiaan, buat saya itu seperti sejuta masker bahkan mungkin lebih. Terpenting adalah ketulusan hati, niat yang baik dan ini bagian dari sakitnya bangsa, sakitnya negara, deritanya rakyat, kita semua menanggung bersama,” ungkap Ganjar, melalui keterangan tertulis, Selasa (14/4).

Baca Juga

Plt Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Nugroho menyebut tindakan mulia para mantan narapidana terorisme sebagai bentuk kepedulian untuk bersinergi dengan masyarakat menghadapi pandemi Covid-19.

“Kita bekerja bersama melawan Covid-19. Kami berharap ini juga bisa membangun kerja sama dengan masyarakat untuk melakukan pembinaan, pendampingan dan pengawasan terhadap klien pemasyarakatan sehingga proses reintegrasi sosial berjalan dengan baik,” ujar Nugroho.

Nugroho menyebut, bahwa mantan naarapidana terorisme dalam memproduksi masker kain dibantu oleh Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Surakarta dan Yayasan Gema dan Yayasan Prasasti Perdamaian. Apalagi, kata dia, mantan napi teroris cukup antusias terlibat dalam produksi masker. Nugroho pun berharap, ke depannya kegiatan serupa dapat dilanjutkan dan dikembangkan.

“Kami sangat apresiasi atas kegiatan ini dan berterima kasih kepada mitra yang telah bekerja sama. Semoga kegiatan baik ini dapat diteruskan," ujar Nugroho.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement