Rabu 15 Apr 2020 02:45 WIB

Pemakaman Baqi,yang Selalu Ramai Diziarahi

Sejumlah sahabat Nabi dan kaum Muslimin dimakamkan di Baqi.

Pemakaman Baqi,yang Selalu Ramai Diziarahi. Foto:  Jamaah haji mendoakan jenazah para sahabat Rasulullah SAW yang dikuburkan di Pemakaman Baqi, Madinah, Selasa (17/7) pagi. Jamaah haji yang singgah di Madinah mulai menyesaki lokasi ziarah tersebut.
Foto: Republika/Fitriyan Zamzami
Pemakaman Baqi,yang Selalu Ramai Diziarahi. Foto: Jamaah haji mendoakan jenazah para sahabat Rasulullah SAW yang dikuburkan di Pemakaman Baqi, Madinah, Selasa (17/7) pagi. Jamaah haji yang singgah di Madinah mulai menyesaki lokasi ziarah tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Kompleks Pemakaman al-Baqi terletak di dekat dengan Masjid Nabawi di Madinah. Di tanah yang cukup luas inilah kerabat dan sahabat Nabi Muhammad beserta kaum Muslimin lainnya dimakamkan.

Di sini dimakamkan Usman Bin Affan RA (Khalifah III) dan para istri Nabi, yaitu Siti Aisyah RA, Umi Salamah, Juwariyah, Zainab, Hafshah binti Umar Bin Khattab dan Mariyah Al Qibtiyah RA. Juga putra-putri Rasulullah SAW, di antaranya Ibrahim, Siti Fatimah, Zainab dan Ummu Kulsum.

Baca Juga

Demikian pula Ruqayyah Halimatus Sa'diyah ibu yang menyusui Rasulullah SAW. Sahabat yang pertama kali dimakamkan di Baqi adalah Abu Umamah, Hasan bin Zararah dari kaum Anshar dan Usman bin Maz'un dari golongan Muhajirin.

“Baqi” dalam bahasa Arab berarti sebuah tanah lapang. Jenazah yang dikubur di makam ini hanya ditandai sepasang batu tanpa ada nama. Tak ada satu pun identitas siapa yang dikubur di situ.

Makam Baqi hampir tidak pernah sepi didatangi para peziarah. Biasanya mereka datang sesudah menunaikan shalat di Masjid Nabawi.  Tanah kuburan untuk penduduk Madinah dipakai sejak zaman jahiliyah sampai sekarang.

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement