Selasa 14 Apr 2020 08:22 WIB

PMI Bagikan 2 Ribu Paket PHBS di Tebet

PMI memilih Tebet karena termasuk wilayah yang paling banyak kasus positif Covid-19

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Esthi Maharani
Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla (JK) meninjau langsung proses pengepakan paket di Kampus Universitas Paramadina Jakarta, Rabu (8/4/2020). Proses pengepakan  1 Juta Paket PHBS ini dilakukan oleh Relawan PMI bersama dengan Pramuka dan Alumni Universitas Paramadina.
Foto: Dok. PMI
Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla (JK) meninjau langsung proses pengepakan paket di Kampus Universitas Paramadina Jakarta, Rabu (8/4/2020). Proses pengepakan 1 Juta Paket PHBS ini dilakukan oleh Relawan PMI bersama dengan Pramuka dan Alumni Universitas Paramadina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Selatan membagikan 2 ribu paket perlengkapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk masyarakat terdampak pandemi covid-19 atau virus corona di Kecamatan Tebet, Senin (13/4). PMI memilih wilayah Tebet karena termasuk kategori wilayah yang paling banyak terdapat kasus positif covid-19.

"Untuk pembagaian ini kami memang prioritaskan untuk wilayah terdampak seperti di kelurahan Tebet Barat ini" kata kordinator lapangan pembagian paket PHBS Junaedi Adhi Piun seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Selasa (14/4).

Paket PHBS ini berisikan masker bedah, masker kain dan sabun serta pamflet yang berisi informasi dan edukasi pencegahan covid-19.  Pendistribusian paket dilakukan dengan cara langsung ke rumah - rumah dengan menjaga jarak aman dengan warga.

Selain itu para relawan juga melakukan sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat serta pentingnya menggunakan masker saat keluar rumah, dengan menggunakan TOA, sambil berkeliling ke lingkungan rumah warga.

"Kami sengaja menggunakan TOA sebagai media untuk sosialisasi karena lebih efektif, dan menghindari pertemuan dan krumunan orang. Sehingga mereka yang dirumah masih bisa mendengarkan informasi yang kita sampaikan," ujarnya.

Paket PHBS ini juga dibagikan di Kelurahan lain seperti Mendal, Bukit Duri, Kebon Baru, Tebet Barat, Tebet Timur,  Manggarai dan Manggarai Timur.

Selain Paket PHBS PMI Jakarta Selatan juga melakukan pelayanan penyemprotan disinfektan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement