Senin 13 Apr 2020 16:13 WIB

Cegah Corona, Pertamina Bantu Masyarakat di Lingkungan Kerja

Pekerja PT Pertamina MOR IV berinisiatif menghimpun dana dan menyalurkan bantuan.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Gita Amanda
Pekerja PT Pertamina MOR IV berinisiatif menghimpun dana dan menyalurkan bantuan untuk masyarakat sekitar lingkungan kerja.
Foto: borneomagazine.com
Pekerja PT Pertamina MOR IV berinisiatif menghimpun dana dan menyalurkan bantuan untuk masyarakat sekitar lingkungan kerja.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Selama pandemi Covid-19, pekerja Pertamina Marketing Operation Regional (MOR) IV telah menyalurkan bantuaan saran pendukung pencegahan, kepada masyarakat yang berada di ring 1 lingkungan perusahaan.

Di wilayah Kota Semarang, bantuan yang disalurkan terdiri atas 14 unit fasilitas cuci tangan pakai sabun (FCTPS), uang tunai senilai Rp 25 juta serta 100 paket hand sanitizer, disinfektan dan masker kepada masyarakat ring 1. Selain itu, tim Culture Change Agent (CCA) yang menaungi pekerja usia muda juga telah menyalurkan sebayak 150 paket Alat Pelindung Diri (APD) untuk petugas medis di RSUP dr Kariadi, Kota Semarang.

Baca Juga

Ketua Serikat Pekerja Pertamina Persada IV, Datuk Fachrul Razy, mengatakan, sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat di wilayah operasionalnya, para pekerja PT Pertamina MOR IV berinisiatif untuk menghimpun dana dan mendistribusikan paket pendukung pencegahan serta paket kesehatan lainnya kepada warga masyarakat yang berada di ring 1 perusahaan.

Hal ini didasari oleh keprihatinan para pekerja Pertamina terhadap situasi penyebaran virus Covid-19 di tengah masyarkat. Sehingga para pekerja berinisiatif untuk menyumbangkan dana pribadinya untuk membantu masyarakat.

“Kegiatan ini kami lakukan sebagai bentuk tanggung jawab sosial sekaligus untuk meningkatkan semangat kita bersama, agar masyarakat juga memiliki ketahanan dalam mencegah meluasnya wabah Covid-19 dan berjarap pandemi tersebut juga cepat  ini berlalu,” ungkap Fachrul., di Semarang, Senin (13/4).

Saat ini, lanjutnya, para pekerja Pertamina MOR IV juga masih terus menghimpun dana dan dalam waktu dekat akan mendistribusikan kembali bantuan- bantuan kemanusiaan untuk membantu masyarakat.

“Tentunya kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dan menjaga jarak sosial serta fisik untuk sementara waktu, dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tambah Fachrul.

Masih terkait bantuan dari untuk masyarakat, para pekerja unit operasi seperti Fuel Terminal yang tersebar di seluruh wilayah Jawa Tengah juga melaksanakan penyaluran bantuan kepada masyarakat sekitar.

Salah satunya Fuel Terminal yang berada di Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap telah menyalurkan bantuan kepada masyarakat berupa 300 masker, 20 liter hand sanitizer, 15 paket APD, tiga tangki semprot disinfektan dan dua unit FCTPS.

Pertamina Fuel Terminal Manager Maos, Sonny Besar Indra, yang didampingi perwakilan Serikat Pekerja Pertamina Persada IV, Danang Agung Saputra, mengatakan bahwa bantuan tersebut diberikan kepada desa yang berada di wilayah ring 1 perusahaan.

“Bantuan tersebut diberikan sebagai upaya kami bersama seluruh perangkat pemerintahan daerah untuk mengurangi penyebaran covid-19 ini,” lanjut Sonny.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement