Senin 13 Apr 2020 08:02 WIB

Nenek 97 Tahun Jadi Penyintas Covid-19 Tertua di Brasil

Gina Dal Colleto keluar dari RS dengan tepuk tangan meriah dari dokter dan suster

Seorang perawat memeriksa kondisi pasien corona .
Foto: Xiao Yijiu/Xinhua via AP
Seorang perawat memeriksa kondisi pasien corona .

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Ketika seorang nenek berusia 97 tahun bernama Gina Dal Colleto dirawat di rumah sakit pada 1 April dengan gejala virus corona, hanya sedikit yang yakin ia bisa selamat dari virus mematikan itu. Ketika dirawat di rumah sakit, ia mendapat asupan oksigen dan dirawat di perawatan intensif.

Pada hari Ahad (12/4), Gina Dal Colleto didorong di atas kursi roda, keluar dari rumah sakit Vila Nova Star di Sao Paulo dengan tepuk tangan meriah dari dokter dan suster.

Dia menjadi penyintas Covid-19 tertua di Brasil, negara di Amerika Latin yang terkena dampak terburuk virus corona. Kesembuhan yang tak disangka-sangka ini merupakan harapan untuk Brasil, seperti dilansir Reuters.

Dal Colleto hidup sendirian di Santos, kata Rede D'Or São Luiz, yang menjalankan rumah sakit Vila Nova Star. "Bahkan dengan hidup hampir seabad, Gina memiliki rutinitas yang sangat aktif dan menikmati berjalan kaki, berbelanja, dan memasak. Dia memiliki enam cucu dan lima cicit," katanya.

Pada Ahad (12/4), kementerian kesehatan Brasil mengatakan 1.223 orang telah meninggal akibat wabah, 99 orang lebih banyak dari total hari sebelumnya. Total kasus virus corona yang telah dikonfirmasi sejumlah 22.169 kasus.

sumber : Antara / Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement