Senin 13 Apr 2020 02:55 WIB

Lima Cara Dapatkan Rambut Lebat Secara Alami

Masalah rambut rontok bisa menjadi penyebab rambut tumbuh tipis.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Masalah rambut rontok bisa menjadi penyebab rambut tumbuh tipis (Foto: ilustrasi rambut lebat)
Foto: Pixabay
Masalah rambut rontok bisa menjadi penyebab rambut tumbuh tipis (Foto: ilustrasi rambut lebat)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masalah rambut rontok bisa dialami semua orang, laki-laki maupun perempuan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Rambut rontok bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti salah memilih shampoo atau karena faktor genetik yang menyebabkan rambut tumbuh tipis.

Lalu bagaimana cara membuat rambut tumbuh kembali secara alami? Dilansir dari Womans World, Senin (13/4), berikut lima saran ahli untuk membantu menebalkan rambut Anda kembali.

Baca Juga

Konsumsi seafood

Ahli dermatologi Sam Kim MD mengatakan bahwa makanan laut kaya akan selenium, seng, dan lemak omega-3. Semua nutrisi itu akan memberi energi pada sel-sel rambut untuk kembali produktif bekerja. Menurut Kim, mengonsumsi tiga porsi makanan laut setiap pekan bisa mendorong pertumbuhan rambut sebanyak 78 persen.

Vitamin E

Anda dapat meningkatkan ketebalan rambut hingga 34 persen dalam tiga bulan hanya dengan mengonsumsi 400 IU vitamin E yang mengandung "mixed tocopherol" setiap hari. Nutrisi ini mengurangi peradangan kulit kepala dan memberi energi pada folikel rambut yang menua. Selain itu, vitamin E juga dapat merangsang peredaran darah dan pertumbuhan rambut.

Minum tanaman ekor kuda

Horsetail atau tanaman ekor kuda adalah tanaman yang memiliki kandungan silika alam tertinggi yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan kekuatan rambut. Jika disajikan seperti teh, tanaman ini bercitarasa seperti teh hijau yang kuat. Para peneliti Brasil mengatakan, menyesap dua cangkir teh ekor kuda setiap hari akan meningkatkan ketebalan rambut dan menambahk kilau rambut.

Konsumsi jambu

Jambu biji adalah sumber vitamin C alami terbaik, yang dapat membuat rambut terasa lebih tebal dalam delapan minggu. Peneliti Jay Kim, Ph.D menjelaskan bahwa vitamin C membantu membangun kolagen yang memperkuat rambut. Vitamin C juga bisa meningkatkan produksi serotonin yang meningkatkan mood.

Minyak cendana

Menurut peneliti Inggris, memijat kulit kepala satu kali sehari dengan minyak esensial cendana dapat meningkatkan produksi hormon pertumbuhan rambut hingga 25 persen. Tambahkan saja 20 tetes minyak cendana ke dalam 16 ons botol sampo dan kocok sebelum digunakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement